oleh

KPID Lakukan Penilaian di LPPL Temanggung TV

Temanggung – Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Provinsi Jawa Tengah melakukan penilaian terhadap Lembaga Penyiaran Publik Lokal (LPPL) Temanggung TV pada Selasa (26/9/2023). Penilaian tersebut dalam rangka tahapan proses pemberian KPID Award 2023.

Dalam presentasinya, Ketua Dewan Pengawas sekaligus Pjs Direktur Utama LPPL Temanggung Hamidulloh Ibda menyampaikan bahwa LPPL Temanggung TV merupakan TV lokal milik Pemerintah Kabupaten Temanggung yang diinisiasi sejak 2016 dan resmi berdiri 2017 berdasarkan Perda Nomor 12 Tahun 2017 tentang Lembaga Penyiaran Publik Lokal Temanggung TV Kabupaten Temanggung, dan diperkuat dengan Peraturan Daerah Kabupaten Temanggung Nomor 11 tahun 2022 tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah Nomor 12 tahun 2017 tentang Lembaga Penyiaran Publik Lokal Temanggung TV Kabupaten Temanggung.

“Secara kelembagaan, kita sudah memiliki Dewan Pengawas, dan kelengkapan organisasi lainnya di manajemen. Namun untuk Dewan Direksi, sementara masih Pjs saya sendiri, karena menunggu Peraturan Bupati (Perbu) sebagai turunan dari Perda Nomor 11 tahun 2022,” kata dia.

Pihaknya juga mempresentasikan LPPL Temanggung TV secara pengelolaan dari badan hukum, strutkur organisasi, profil lembaga, keuangan, SDM, program dan berita, serta keunggulan lainnya. “Kalau keunggulan kita memang mengangkat budaya dan kearifan lokal Temanggung,” beber Ibda.

Sementara itu, saat proses penilaian, Ketua KPID Jawa Tengah, Muhammad Aulia, memberikan banyak masukan dan saran.

“Coba nanti dipertimbangkan, biaya untuk sewa satelit itu bisa dialihkan kepada penguatan kesejahteraan SDM. Juga terkait program, bisa memerkuat aspek edukasi melalui Dinas Pendidikan,” beber dia.

KPID Sendiri memiliki tanggungjawab besar terhadap pengawasan siaran sekaligus tumbuh kembang lembaga penyiaran di daerah. Pada tahun 2023, diadakan KPID Award 2023, dan LPPL Temanggung TV turut menjadi peserta.

Baca Juga  Peduli Sesama Selama PPKM Diperpanjang

“Semoga lolos 10 besar, kalau lolos 10 besar nanti kita undang ke Semarang untuk presentasi lanjutan,” kata Aulia.

Hadir dalam kesempatan Dewan Pengawas LPPL Temanggung Kautsar Asovia, Kabid News, Kabid Program, dan perwakilan Dinas Kominfo Temanggung Eko Kus Prasetyo, S.T., M.Eng. Usai presentasi, kegiatan penilaian dilanjutkan dengan melihat studio dan peralatan yang dimiliki LPPL Temanggung TV. (RedG/*)

Komentar

Tinggalkan Komentar