oleh

Koramil Gabus Ajak Semua Elemen Berantas Wabah Nyamuk Aedes Aygepti

Pati – Guna mengurangi penyebaran wabah demam berdarah (DBD) yang diakibatkan gigitan nyamuk aedes aygepti, dampak yang ditimbulkan pasca bencana banjir salah satunya adalah DBD. Untuk itu Puskesmas Gabus II bekerjasama dengan Koramil 19/Gabus melakukan tindak penyegahan dengan gerakan PSN yang di hadiri Kasdim 0718/Pati. Selasa, 12/2/2019.

Virus DBD yang di sebarkan oleh nyamuk aedes aegypti di wilayah Kecamatan Gabus Kabupaten Pati sudah cukup menghawatirkan. berdasarkan keterangan dari puskesmas setempat sudah ada 15 orang anak terjangkit virus tersebut dan kesemuanya menjalani rawat inap di Rumah sakit, nyamuk yang mengigit di waktu pagi sampai sore hari, dan berkembang biak di tempat – tempat yang bersih terutama bak – bak mandi yang airnya bersih.

Sebagai pelayan masyarakat di bidang kesehatan puskesmas Gabus ll bekerja sama dengan Lintas sektoral di antaranya TNI, Polri dan perwakilan masyarakat dari desa – desa sewilayah Kec Gabus kurang lebih 300 orang mengadakan aksi (berantas sarang nyamuk dan STOP DBD sekarang juga) dengan cara melakukan 3 M yaitu Menguras, menutup, dan memanfaatkan barang – barang yang bisa buat perindukan nyamuk, dan kegiatan di pusatkan di desa Kuryokalangan Kec Gabus Kab Pati, bahkan kegiatan ini juga melibatkan anak – anak setingkat SD, SMP dan SMA.

Kasdim 0718/Pati Mayor Inf Much Sholihin S.Ag M.Si sebagai pimpinan upacara pembukaan PSN (Pemberantasan sarang nyamuk) mengatakan gerakan yang di motori Puskesmas ini sangat bagus dan merupakan wujud kepedulian pemerintah terhadap warga masyarakat agar mewabahnya DBD di wilayah Kecamatan Gabus ini bisa teratasi, semua warga masyarakat harus bisa menjaga kesehatan lingkunganya masing – masing,”jelas Kasdim.

Kepala Puskesmas Gabus ll Sumarlan Skm M.Kes mengatakan kegiatan ini sangat perlu dan melibatkan semua elemen masyarakat, karena percuma saja kalau hanya sebagian masyarakat saja yang mau memberantas sarang nyamuk tapi yang lain diam saja atau pasif,

Baca Juga  FKPT Jawa Tengah 2020-2022 Resmi Dilantik

Diharapkan, bagi adik – adik siswa sekolah ini merupakan pembelajaran secara langsung biar mereka tahu bagaimana cara mencegah penyakit DBD dengan cara 3M (menguras,menutup dan memanfaatkan barang – barang yang bisa buat perindukan nyamuk) pemberantasan dengan fogging juga bisa tapi itu bukan satu – satunya cara yang bisa di lakukan untuk memberantas perkembangan nyamuk, ” ungkapnya.(RedG kontributor narto pendim 18)

Komentar

Tinggalkan Komentar