oleh

Komunitas Khoirun Nisa Binaan Dosen INISNU Temanggung Gelar Gebyar Rebana

Temanggung – Pada Minggu, 16 Januari 2022, Komunitas Rebana Khoirun Nisa Temanggung kembali menggelar Gebyar Rebana perdana setelah kurang lebih dua tahun vakum. Tuan rumah gebyar kali ini dari Grup Rebana Ahbabun Nabi, Dusun Krajan I Soropadan Pingsurat Temanggung. Acara tersebut dihadiri oleh Kepala Dusun Krajan I Pringsurat, Kepala Desa Soropadan Pringsurat,  Camat Pringsurat, Kapolsek Pringsurat, Ketua PC Fatayat Temanggung, Dirut PT Perumnas, Ir. Budisadewo, M.M. dan juga Ketua DPRD Temanggung, Yunianto, SP.

Ketua DPRD Temanggung membuka secara langsung acara tersebut. Dalam sambutannya,  Yunianto memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas terselenggaranya kegiatan positf seperti ini, khususnya bagi kaum perempuan. Sebagai bentuk apresiasi tersebut, beliau menyampaikan bahwa semua grup yang tergabung dalam Komunitas Khoirun Nisa Temanggung tersebut akan diberi bantuan untuk pengembangan seni rebana bagi masing-masing grup rebana yang akan dianggaran pada tahun 2023.

Acara dihadiri oleh 26 grup rebana perempuan dari berbagai kecamatan yang ada di Temanggung. Dari Kecamatan Pringsurat dihadiri oleh Grup Ahbabun Nabi (Krajan I, Soropadan), Grup Nurussaadah (Digelan I Soropadan), Grup Roudhotul Jannah (Krajan 3, Rejosari), Grup Sekar Kinanti (Digelan 2, Soropadan), Grup Annisa (Krajan, Wonokerso), Grup Zahrotun Nida (Bangsari, Soropadan), Grup Tazzinun Nisa (Bodean, Rejosari), Grup Al-Masyitoh (Pondoh, Rejosari), Grup Syifaul Qulub (Pringapus, Klepu), dan Grup Jamus Srikandi (Pangonan, Soropadan). Dari Kecamatan Kranggan dihadiri oleh Grup Nidaul Husna (Temandang 2, Pendowo), Al-Mar’atus Sholihah (Temandang 2, Pendowo), Grup Al-Hidayah (Badran), Grup Arju Syafaah (Madusari Sanggrahan), dan Grup Aini Syafa’ah (Delok Lor, Bengkal)

Adapun dari Kecamatan Temanggung dihadiri oleh Grup Syifa’ul Huzni (Joho Temanggung) dan Grup As Syifa (Giyanti). Dari Kecamatan Tlogomulyo dihadiri oleh Grup Az-Zahra (Kregan, Candisari) dan Grup Al-Mubarok (Sempon Sriwungu). Dari Kecamaan Tembarak dihadiri oleh Grup Annida Nurussifa (Mantenan Greges) dan Nurul Hidayah (Mantenan, Greges). Dari Kecamatan Selopampang dihadiri oleh Grup Sinar Rembulan (Bulan, Selopampang). Dari Kecamatan Tlogomulyo dihadiri oleh Grup Khoirun Nada (Bumen Balerejo) dan Grup Ummahatul Mukminin (Bumen Timur, Balerejo). Dari Kecamatan Candiroto dihadiri oleh Khubus Syafaah (Kemuntungan, Batursari) dan Grup Kamera Makukuhan (Bantir). Terakhir, dari Kecamatan Kandangan dihadiri oleh Grup Nurul Falah (Punduhan, Kandangan).

Baca Juga  Kodim Pemalang Gelar  Donor Darah Sambut HUT Ke-76 TNI 

Satu per satu anggota grup tampil dengan penuh semangat dan antusias dengan membawakan bermacam-macam lagu shalawat. Selain menampilkan pertunjukan rebana dari masing-masing grup, acara tersebut juga menggelar produk UMKM yang dimiliki oleh anggota komunitas. Ada sekitar 34 macam produk komunitas yang digelar dalam Gebyar Rebana Komunitas Khoirun Nisa Temanggung di Dusun Krajan I Soropadan Pringsurat.

Ketua komunitas sekaligus Dosen INISNU Temanggung, Hidayatun Ulfa, M.A., menambahkan dengan adanya gelar produk UMKM dalam rangkaian acara gebyar rebana tersebut diharapkan mampu sedikit membantu anggota komunitas dalam meningkatkan pendapatan mereka. Apalagi masa pendemi seperti ini, sembarang kalir serba susah nggeh, tegasnya. Sebagai penggiat seni rebana, dia menegaskan pula dengan adanya kegiatan seperti ini, anggota komunitas bisa menyalurkan bakat dan minat mereka di bidang rebana sekaligus menjajakan produk UMKM yang dimiliki anggota komunitas.

Animo masyarakat Krajan I Soropadan Pringsurat sangat besar sehingga acara berjalan dengan lancar. Rangkaian acara Gebyar Rebana Komunitas Khoirun Nisa Temanggung diakhiri dengan mahallul qiyam atau srakal yang dipimpin langsung oleh Ketua Komunitas Rebana Khoirun Nisa Temanggung. (RedG)

  • Penulis : Reza Maulana Alfitra
  • Editor : Sarwo Edy

Komentar

Tinggalkan Komentar