oleh

KOMPAS UBB Berdayakan Desa Menuju Kesejahteraan

Bangka Belitung – Komunitas Mahasiswa Pencinta Alam-Sosial Universitas Bangka Belitung (KOMPAS UBB) melakukan pembukaan kegiatan Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D) di Dusun Air Abik, Desa Gunung Muda, Kecamatan Belinyu, Kabupaten Bangka, Kepulauan Bangka Belitung pada tanggal 19 Agustus 2021.

Kegiatan PHP2D KOMPAS UBB yang bertema “Pemberdayaan Masyarakat Adat Mapur Guna Mengembangkan Desa Ekowisata Berbasis Desa Gunung Muda Kabupaten Bangka” berfokus pada masyarakat Dusun Air Abik dalam mewujudkan desa ekowisata dan mengembangkan kebudayaan lokal serta memberikan pelatihan kepada masyarakat setempat.

“Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa adalah kegiatan pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa melalui unit kegiatan mahasiswa yang diharapkan akan menumbuhkan rasa peduli dan berkontribusi kepada masyarakat agar terbangun desa binaan yang aktif, mandiri dan berwirausaha serta sejahtera.” Ucap sambutan Wakil Bupati Bangka, Syahbudin.

Syahbudin juga menambahkan “Kegiatan yang dilakukan oleh KOMPAS UBB ini diharapkan dapat dirasakan langsung oleh masyarakat Dusun Air Abik sehingga dapat meningkatkan kemandirian warga dalam meningkatkan taraf hidupya, selain itu diharapkan dapat menerapkan karakter positif, empatik, peduli, ulet, kreatif dan bertanggungjawab melalui organisasi. Mengembangkan potensi desa untuk pembinaan dan pemberdayaan masyarakat, membangun kerjasama yang baik antara organisasi mahasiswa, perguruan tinggi, pemerintah daerah, swasta dan masyarakat”.

“Diadakannya kegiatan ini diharapkan seluruh ilmu yang didapat bisa diaplikasikan dan diterapkan di kehidupan masyarakat terutama dalam bentuk pemberdayaan masyarakat serta bisa membuka pemikiran masyarakat bagaimana mengembangkan ekowisata kearifan lokal sekaligus mendorong masyarakat bisa mendapatkan pelatihan dalam memanajemen dalam mengembangkan kearifan lokal. harapannya kegiatan seperti ini dapat dirasakan langsung oleh masyarakat serta harapan dari pemerintah daerah kegiatan seperti ini tidak berhenti disini dan berkesinambungan kedepan sehingga tujuan kita dalam memberikan edukasi kepada masyarakat terhadap pengembangan desa itu sendiri bisa berkelanjutan” Harap Syahbudin dalam keberlangsungan kegiatan PHP2D yang dilakukan KOMPAS UBB
Kegiatan PHP2D yang dilakukan oleh KOMPAS UBB ini sendiri akan berlangsug hingga bulan November nanti (19/08/2021). (RedG)

  • Penulis : Rizal Phalevi
  • Editor: Sarwo Edy

Komentar

Tinggalkan Komentar