oleh

Komitmen Cargill  Bantuan COVID-19 di Berbagai Wilayah di Indonesia

Jakarta – Upaya penangan pandemi yang kemarin dan masih ada,  mendorong kolaborasi lintas stakeholder demi mempercepat pemulihan ekonomi nasional dan membangun ketahanan masyarakat di Indonesia. Untuk terus mendukung upaya pemerintah mengatasi pandemi, Cargill telah mengalokasikan dana sekitar IDR 27,29 miliar (USD 1,9 juta) sepanjang tahun 2021 hingga Maret 2022, dalam bentuk bantuan pemberian vaksin, alat kesehatan, perlengkapan penunjang fasilitas kesehatan, vitamin, dan kebutuhan esensial untuk masyarakat dan tenaga kesehatan.

Upaya yang dilakukan Cargil dalam dukungannya kepada pemerintah setempat dalam menangani pandemi di tahun 2020, Cargill bekerjasama dengan Yayasan Cempaka terus menunjukkan dukungannya dalam bentuk menyalurkan berbagai jenis bantuan pada Januari hingga Maret 2021. Bantuan tersebut diantaranya berupa mobil ambulans untuk operasional rumah sakit dan tabung oksigen di 5 provinsi di Indonesia. Untuk tahap ini, donasi Cargill secara khusus meliputi beberapa puskesmas dan rumah sakit umum daerah yang berada di Banten, Jawa Tengah, Jawa Timur, Lampung, dan Sulawesi Utara.

Selain itu, pada bulan Juni hingga November 2021 Cargill bekerja sama dengan Mercy Corps Indonesia dalam menyalurkan bantuan alat kesehatan untuk tanggap darurat COVID-19. Cargill mendonasikan sejumlah alat kesehatan esensial seperti ventilator dan tabung oksigen di 7 provinsi di Indonesia (Sumatera Utara, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan). Alat bantu pernapasan ini berperan  membantu pemerintah dalam menghadapi tren kenaikan angka positif di beberapa daerah di Indonesia akibat lonjakan varian Delta.

“Saya menyampaikan terimakasih dan tentu ini kerjasama yang cukup bagus, adanya kontribusi dari pihak Cargill untuk mendukung percepatan pelayanan di Rumah Sakit, bahkan di Puskesmas diperhatikan. Saya juga berharap kepada Cargill dan Perusahaan lain membantu pemerintah untuk mempercepat Vaksinasi bagi Lansia dan anak-anak yang diprioritaskan,” sebut Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Tengah.

Baca Juga  Akibat Hujan Deras Jembatan Kali Anyer Longsor

“Dalam masa yang penuh tantangan ini, Cargill berkomitmen untuk menjamin keamanan dan keselamatan masyarakat melalui kerjasama dengan pemerintah dan institusi kesehatan. Dengan donasi ini, kami berharap dapat mendukung pemerintah, petugas kesehatan, dan masyarakat setempat dengan memberikan bantuan kepada mereka  dalam  menghadapi pandemi ini. Kami akan terus berkontribusi untuk  membantu pemerintah melandaikan kurva kasus aktif dan dalam menavigasi pandemi ini,” kata Sunit Dhoka, Presiden Direktur, PT Sorini Agro Asia, mewakili Tim Manajemen Cargill Indonesia.

Guna menekan laju penyebaran virus Covid, Cargill secara aktif terus mendukung upaya pemerintah, salah satunya dengan berpartisipasi dalam vaksinasi gotong royong di lokasi Cargill beroperasi. Cargill Indonesia telah menyediakan vaksin tahap pertama – kedua dan vaksin booster senilai IDR 24,95 miliar yang diberikan kepada 23.000 karyawan dan keluarga. Selain itu, Cargill juga bekerjasama dengan UNCHR Indonesia untuk menyediakan vaksin bagi para pengungsi.

Sementara Cargill terus berpegang teguh pada komitmennya untuk melindungi kesehatan dan keselamatan karyawannya. Sebagai perusahaan pangan dan pertanian, para karyawan berperan penting untuk menyalurkan pasokan pangan yang dibutuhkan oleh masyarakat agar tetap sehat dan memiliki nutrisi yang terpenuhi dalam menghadapi masa yang penuh tantangan ini.

Daftar puskesmas dan rumah sakit yang menerima bantuan dari Yayasan Cempaka:

  1. Dinas Kesehatan Kabupaten Serang
  2. Rumah Sakit Dr. Drajat Prawiranegara, Banten
  3. Puskesmas Teras, Boyolali, Jawa Tengah
  4. RS dr R Soedjati Grobogan Jawa Tengah
  5. Rumah Sakit Dr. H. Soewondo, Kendal, Jawa Tengah
  6. Rumah Sakit Bangil, Pasuruan, Jawa Timur
  7. Rumah Sakit Dr. H. Abdul Moeloek, Lampung
  8. RS Amurang, Minahasa Selatan, Sulawesi Utara

 

Daftar puskesmas dan rumah sakit yang menerima bantuan dari Mercy Corps:

  1. Rumah Sakit Deli Serdang, Sumatera Utara
  2. RSUD Bogor, Jawa Barat
  3. Rumah Sakit Bekasi, Jawa Barat
  4. Rumah Sakit Serang, Banten
  5. RSUD Serang, Banten
  6. Puskesmas Cikande, Banten
  7. Puskesmas Binuang, Banten
  8. Puskesmas Kibin, Banten
  9. Puskesmas Ciruas, Banten
  10. Puskesmas Kramatwatu, Banten
  11. Puskesmas Mojosongo, Boyolali, Jawa Tengah
  12. Puskesmas Teras, Boyolali, Jawa Tengah
  13. Puskesmas Nogosari, Boyolali, Jawa Tengah
  14. RS Dr. R Soedjati, Grobogan, Jawa Tengah
  15. RS Tugu, Jawa Tengah
  16. RS Pasuruan, Jawa Timur
  17. Puskesmas Beji, Pasuruan, Jawa Timur
  18. Rumah Sakit Amurang, Sulawesi Utara
  19. RSUD Makassar, Sulawesi Selatan
Baca Juga  Safari Khotbah Jum'at, Redam Politisasi Masjid

 (RedG)

Komentar

Tinggalkan Komentar