oleh

Kolaborasi dengan Masyarakat, Mahasiswa KKN UGM 2022 Tanamkan Persatuan Lewat Penanaman Pohon Ikonik Gebang

 Yogyakarta –  Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat Universitas Gadjah Mada (KKN–PPM UGM) Periode 2 tahun 2022 Unit Ngemplak YO-053, bergotong royong dengan masyarakat Gebang untuk menanamkan pohon ikon Dusun Gebang. Acara ini ditandai dengan penanaman pohon Gebang (Corypha utan) secara simbolis di kawasan Candi Gebang, Dusun Gebang, Padukuhan Jetis, Kelurahan Wedomartani, Kapanewon Ngemplak, Sleman, Minggu (7/8).

 

Acara ini merupakan bentuk realisasi program Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM) dengan tema Indonesia Bersatu yang diamanatkan oleh Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) Republik Indonesia. Program yang bertemakan “Gotong Royong Merawat Gebang” ini diharapkan dapat pula menanamkan semangat gerakan revolusi mental Indonesia Bersatu berbalut nilai-nilai filosofi Jawa antara lain, nyawiji (kebersamaan), gotong royong, guyub rukun (kerukunan), terap silo (sopan santun), tepa salira (empati), handarbeni (rasa memiliki), lestari lingkungan, tanggungjawab, disiplin, pembagian tugas, dan keseimbangan.

Acara diawali dengan penyampaian berbagai sambutan di Limasan Mahasvin Farm. Koordinator Mahasiswa Unit Ngemplak, Baik Aisyah Adania, menyampaikan bahwa untuk membersamai momentum perayaan kemerdekaan Indonesia, mahasiswa KKN berinisiasi menanamkan sejumlah 17 pohon Gebang. Lokasi penanaman akan terbagi di area Candi Gebang, dikonservasikan, serta dibagikan kepada RT dan RW setempat.

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat Universitas Gadjah Mada (KKN–PPM UGM) Periode 2 tahun 2022 Unit Ngemplak YO-053

Acara dilanjutkan dengan penyerahan pohon Gebang secara simbolis dan penandatanganan plakat oleh perwakilan Direktorat Pengabdian Kepada Masyarakat (DPKM) UGM dan para perwakilan penerima. Lokasi acara kemudian berpindah ke area Candi Gebang untuk prosesi penanaman, penyiraman pohon, pemasangan plakat, serta pembacaan dan penandatanganan kode etik penanaman oleh perwakilan berbagai pihak termasuk kelompok masyarakat.

 

Dalam acara yang berlangsung mulai pukul 09.30 WIB itu, turut dihadiri oleh Nanung Agus Fitriyanto selaku Kepala Subdirektorat Kuliah Kerja Nyata UGM, Rarastoeti Pratiwi selaku Dosen Pembimbing Lapangan KKN-PPM UGM Unit Ngemplak, perwakilkan Balai Pelestarian Cagar Budaya D.I. Yogyakarta (BPCB DIY), perwakilan Desa Wisata Gebang Park, Ketua RT dan RW setempat, Kelompok Sungai, Kelompok Pemuda, Kelompok Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga, Kelompok Tani, Kelompok Pembangunan, serta panitia lomba 17 Agustus.

Baca Juga  PCNU Tegaskan Mengurusi PMII adalah Mengurusi NU

Program ini disambut baik oleh pihak Kelurahan Wedomartani, “Kita harapkan kolaborasinya dapat membawa masyarakat lebih baik”, ujar Sekretaris Kelurahan Wedomartani, Rohmad Gunawan Hardono mewakili Lurah Wedomartani.

Penanaman pohon di sekitar candi ini pun diapresiasi BPCB DIY, karena bermanfaat sebagai konservan cagar budaya Candi Gebang. Keberadaan pohon di sekitar candi turut menyejukkan lingkungan serta berguna untuk pengembangan ilmu pengetahuan, kepentingan sosial, kepentingan budaya, dan lainnya. “Saya berterima kasih atas perhatiannya dan atas sinerginya. Ini sebagai suatu bentuk perhatian dan juga keseriusan untuk melestarikan cagar budaya kita”, pungkas Manggar Sari Ayuati selaku perwakilan BPCB DIY.

 

Sebelumnya, UGM menerjunkan sebanyak 30 mahasiswa KKN-PPM Periode 2 tahun 2022 di Kapanewon Ngemplak untuk bekerja sama dengan masyarakat dalam memaksimalkan ragam potensi mulai dari Desa Wisata, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), hingga pendidikan dasar. Pelaksanaan KKN-PPM tersebut dimulai dari tanggal 15 Juni hingga 13 Agustus 2022. (RedG/Nadhira Aufa Adzani)

 

Komentar

Tinggalkan Komentar