oleh

Kodim Pekalongan Panen Perdana Padi Anti Stunting Protani Protangguh Cegah Stunting

Pekalongan – Kodim 0710/Pekalongan melaksanakan panen perdana padi Protani Protangguh, dimana penanaman varietas ini merupakan uji coba perdana yang ditanan di lahan Demlot Koramil 07/Wonopringgo yang berlokasi di Desa Wonorejo Kecamatan Wonopringgo Kabupaten Pekalongan, Senin (6/8/23)

Disampaikan Dandim 0710/Pekalongan Letkol Inf Rizky Aditya,S.Sos., M.Han, usai melaksanakan panen secara simbolis, padi Protani Protangguh yang dipanen saat ini merupakan kerjasama antara Unsoed Purwokerto dengan Kodim 0710/Pekalongan dalam membudidayakan tanaman padi yang kaya akan protein dan sangat bagus untuk dikonsumsi dalam mencegah stunting.

” Kualitas dari padi Protani Protangguh ini adalah lebih kaya akan protein dibandingkan dengan varietas yang lain, sehingga sangat bagus dikonsumsi bagi masyarakat terutama dalam mencegah dan menurunkan angka stunting”,terang Dandim.

Letkol Inf Rizky juga menyampaikan, walaupun panen saat ini sukses dan bisa dikatakan berhasil namun adanya kelemahan dari varietas padi Protani Protangguh ini sendiri yaitu sementara hanya cocok ditanam untuk lahan kering sehingga tidak bisa ditanam sepanjang musim atau saat musim penghujan.

” Kita berharap kedepan akan ada stimulus dari dinas pertanian dalam memberikan varietas-varietas yang lebih baik dan dan hasilnya bisa diakomodir oleh pemerintah daerah sehingga masyarakat lebih tertarik untuk menanam dan hasilnya akan bisa membantu menurunkan angka stunting di Indonesia khususnya kabupaten pekalongan”,pungkasnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan (DKPP) Kabupaten Pekalongan, Ari Lailani berharap dengan panen perdana varietas Protani Protangguh ini kedepan bisa dilihat kelebihan dan kekurangannya sehingga akan ada perbaikan dari peneliti dan bisa dikembangkan lebih baik lagi.

” Kami berharap dengan segala kelebihan dan kekurangan varietas padi ini, nanti ada perbaikan dari para peneliti Unsoed sehingga bisa kita tanam lagi musim depan dengan kuwalitas yang lebih baik”,tandasnya.

Baca Juga  Mini Soccer Tournament dalam HUT LKBN Antara ke 86

Dikatakan Slamet Harto (59) selaku petani penggarap padi Protani Protangguh yang saat ini dipanen mengaku, padi yang ditanam saat ini hasilnya lebih baik dibandingkan dengan varietas lain yang biasa ia tanam, dengan luas tanam 2170 meter biasanya menghasilkan 12 kwintal gabah untuk panen padi prtotani saat ini diperkirakan menghasilkan 15 kwintal gabah.

” Untuk perawatan yang jelas lebih mudah karena kita pakai pupuk organik dan hasilnya lebih banyak pak”,tandasnya.(RedG/Rus)

Komentar

Tinggalkan Komentar