oleh

Kodim 0711 Pemalang Sukses Gelar TMMD Sekuyung Tahap II 2018

Pemalang – Kodim 0711/Pemalang melaksanakan Upacara Penutupan TMMD Sengkuyung Tahap II Tahun 2018, bertempat di lapangan Desa Mangli Kecamatan Randudongkal Kab. Pemalang, pada Rabu (08/08/18). Bertindak sebagai Inspektur upacara Dandim 0711/Pemalang Letkol Inf Edy Supriyadi, S.S., M.M., M. Tr (Han)., dan selaku Komandan Upacara Danramil 13/Pulosari Kapten Arm Andumiyanta. Kegiatan tersebut mengambil tema “Manunggal Membangun Karakter Generasi Milenial”

 

Hadir dalam upacara tersebut Bupati Pemalang H.Junaedi, SH., M.M., Kasiren Korem 071/Wk Mayor J.Setiono, Kajari Pemalang Ferizal, SH.,MH., Kabag Ops Polres Pemalang Kompol Alkaf Chaniago, SH., MH., Pasminlog Lanal Tegal Kapten Laut (T) B.Teguh Santoso, Kasilek Satradar 214/Tegal Kapten Lek Ahmad, Kalapas II B Pemalang Hisam, Muspika se Kab. Pemalang, Kepala OPD Kab.Pemalang, Kepala OPD tingkat Kecamatan, Kades se Kec. Randudongkal, Organisasi wanita (PKK Kab. Pemalang, Persit KCK Cab XXI Kodim 0711/Pemalang, Bhayangkari Polres Pemalang) dan tamu undangan lainnya serta dengan pasukan upacara antara lain 1 Unit Korsik Pemkab Pemalang, 1 SSK Kodim 0711/Pemalang, 1 SST TNI AL, 1 SST Polres Pemalang, 1 SST Linmas Kec.Randudongkal, 1 SST Korpri Kec. Randudongkal, 3 SST OKP ( PP, FKPPI, Banser), 1 SST Karang Taruna, 1 SST SH Teratai, 1 SST Masyarakat, : 2 SST OSIS MTs Randudongkal dan 1 SST Pramuka Saka Wira Kartika.

Dalam upacara tersebut berlangsung pelepasan tanda peserta dan para pekerja TMMD Sengkuyung tahap II TA. 2018 diantaranya Anggota TNI, Hansip dan Masyarakat oleh Inspektur upacara Dandim 0711/Pemalang Letkol Inf Edy Supriyadi, S.S., M.M., M. Tr (Han). dan penyerahan berita acara hasil proyek sasaran fisik dari Dandim 0711/Pemalang Letkol Inf Edy Supriyadi, S.S., M.M., M. Tr (Han) kepada Bupati Pemalang H.Junaedi, SH., M.M.

Adapun dalam pelaksanaan TMMD tahap II TA. 2018 di wilayah Kodim 0711/Pemalang dengan sasaran kegiatan fisik dan non fisik, sasaran fisik antara lain pembangunan Infrastruktur berupa Rabat beton jalan panjang 985 meter, lebar 3 meter, tebal 12 cm dan pembuatan gorong-gorong plat deker 1 unit, panjang 4,5 meter, lebar 1,6 meter, tinggi 70 cm yang menghubungkan Desa Mangli kec. Randudongkal dengan desa Pegiringan Kec. Bantarbolang.

Sedangkan kegiatan non fisik, antara lain Pelayanan Keluarga Berencana dan pemeriksaan kesehatan, Penyuluhan kamtibmas, bahaya Narkoba dan miras, Penyuluhan hukum terpadu, Penyuluhan UU No. 22 tahun 2009 tentang lalu lintas, Penyuluhan radikalisme dan terorisme, Penyuluhan tentang wawasan kebangsaan, penyuluhan tentang bencana alam, sosialisasi Pajale, sosialisasi penyelenggaraan administrasi penduduk, sosialisasi Koperasi, perekaman data E-KTP, sosialisasi tentang perijinan, peyalanan perpanjangan SIM, pelatihan perbengkelan dan Pemutaran film..

Baca Juga  TNI Kodim Pekalongan Muluskan Jalan Lolong-Mendolo

Dalam amanatnya Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Selaku Penanggung Jawab Operasional TMMD Jenderal TNI Moelyono yang dibacakan oleh Inspektur upacara Dandim 0711/Pemalang Letkol Inf Edy Supriyadi, S.S., M.M., M. Tr (Han)., Menyampaikan Salah satu peran nyata TNI dalam mendukung pembangunan tersebut adalah turut serta pada kegiatan TMMD ke 102 tahun 2018 yang diselenggarakan selama 30 hari Mulai tanggal 10 Juli sampai dengan 8 Agustus 2018. TMMD yang dilaksanakan 3 kali dalam setahun ini juga merupakan Wahana untuk menggelorakan kembali semangat gotong royong rasa cinta tanah air wawasan kebangsaan serta ketahanan nasional guna menjaga keutuhan NKRI kepada masyarakat dan khususnya generasi milenial. Terkait hal tersebut, tema yang diangkat dalam TMMD ke-102 TA 2018 ini yaitu “Manunggal Membangun Karakter Generasi Milenial”. TMMD 102 tahun 2018 kita melibatkan 50 Satgas TMMD di 50 kabupaten/Kota, 57 Kecamatan dan 79 desa dengan didukung oleh dinas Pemda setempat di antaranya Dinas Kesehatan, pertanian, BKKBN, sosial, kehutanan, Pekerjaan Umum, Kejaksaan serta kepolisian. TMMD kali ini dalam skala nasional kita telah berhasil mewujudkan program rehabilitasi lebih dari 200 unit rumah tidak layak huni pembukaan 86 KM Jalan Baru pengerasan dan betonisasi 60 KM Jalan perbaikan 30 rumah ibadah dan 8 sekolah pembangunan jembatan dengan panjang total 252 meter pembuatan 43 unit MCK pembangunan pos kamling dan saluran drainase di lebih dari 30 Desa pemberian kambing kepada peternak binaan serta penanaman 3500 pohon di lahan konservasi alam. TMMD ke 102 ini TNI juga bekerjasama dengan kemenpora RI guna menyukseskan program unggulan Pemuda Mandiri membangun desa (PMMD) yaitu dengan meningkatkan kemandirian generasi muda di pedesaan dengan turut serta secara aktif membantu kegiatan fisik dan nonfisik saya berbesar hati melihat Bagaimana program ini berhasil dalam meningkatkan kapasitas dan daya saing para kaum muda dalam hal-hal olahraga menciptakan lapangan kerja baru bagi mereka serta mendayagunakan segenap potensi desa mereka masing-masing secara optimal.Pelibatan TNI dalam program pemerintah pada dasarnya telah Sesuai dengan amanat dalam UU TNI Nomor 34 Tahun 2004 khususnya tentang tugas TNI pada OMSP yaitu memberdayakan wilayah pertahanan secara dini sesuai dengan sistem pertahanan semesta dan membantu tugas pemerintah di daerah khususnya dalam aspek pembangunan kualitas dan kesejahteraan masyarakat. TNI AD berkomitmen untuk turut ambil bagian dalam upaya peningkatan kesejahteraan rakyat dan mewujudkan kemanunggalan TNI rakyat sebagai kekuatan. Diakhir amanatnya Kasad mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya atas dedikasi dan kerja keras kalian. Dengan selesainya kegiatan ini, segera kembali ke induk pasukan masing-masing dan perhatikan faktor keamanan selama dalam perjalanan.

Baca Juga  Pelantikan PPS Kecamatan Belik Berjalan Lancar

Akhirnya, dengan mengucap syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa, pada hari ini, Rabu, tanggal 8 Agustus 2018, TNI Manunggal Membangun Desa ke-102 TA 2018 ini secara resmi saya nyatakan ditutup. Semoga Tuhan Yang Maha Esa selalu memberikan bimbingan, petunjuk dan perlindungan-Nya kepada kita dalam melanjutkan pengabdian kepada TNI, Bangsa dan Negara tercinta.

Setelah pelaksanaan upacara rombongan Forkopimda dan para tamu undangan serta para peserta upacara menyaksikan Pertunjukan senam momere ibu-ibu PKK dan masyarakat desa Mangli dilanjutkan peninjauan hasil pelaksanaan TMMD Sengkuyung tahap II TA. 2018 di wilayah Kodim 0711/Pemalang.

Setelah pelaksanaan upacara rombongan Forkopimda dan para tamu undangan menyaksikan pertunjukan senam maumere oleh ibu-ibu PKK dan masyarakat desa Mangli, kemudian rombongan meninjau hasil pelaksanaan TMMD Sengkuyung tahap II TA. 2018 dan menerima paparan hasil proyek sasaran fisik Ops TMMD Sengkuyung tahap II TA. 2018 dari Danramil 08/Randudongkal Kapten Cpm Suwaryo, dilanjutkan penandatangan prasasti serta penguntingan pita oleh Bupati Pemalang H.Junaedi, SH., M.M., yang didampingi Dandim 0711/Pemalang Letkol Inf Edy Supriyadi, S.S., M.M., M. Tr (Han).(RedG kontributor Candra)

Tonton Video Upacara Penutupan TMMD Sekuyung Tahap II 2018 Kodim 0711 Pemalang

 

Komentar

Tinggalkan Komentar

News Feed