oleh

Kodim 0711 Pemalang Salurkan Bantuan ke Pedagang Kaki Lima

Pemalang – Komandan Kodim (Dandim) 0711/Pemalang Letkol Inf Roihan Hidayatullah, S.Sos., M. Tr (Han) bersama unsur Forkopimda memberikan bantuan  kepada pedagang kaki lima dan warung yang secara simbolis dilakukan di Makodim Jl. Brigjen Katamso No. 43 kelurahan Sugihwaras Kec/Kab. Pemalang, Rabu (13/10/2021)

Bantuan ini merupakan bantuan pemerintah yang dicetuskan presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo yang didampingi Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, di kawasan Malioboro, Yogyakarta, Sabtu 9 Oktober 2021. Bantuan tunai untuk 1 juta pedagang kaki lima dan warung-warung kecil di seluruh Indonesia sebesar Rp 1,2 juta per orang.

Bantuan tunai kepada pedagang kaki lima dan warung di wilayah Kabupaten Pemalang sebanyak 7.500 orang, per orang menerima 1,2 Juta dengan total nilai bantuan sebanyak 9 Miliar.

Dandim mengatakan, paket bantuan ini berada dalam skema program Bantuan Tunai Pedagang Kaki Lima dan Warung (BT-PKLW) merupakan bantuan uang tunai untuk pelaku usaha mikro. Pemerintah menggunakan skema penyaluran melalui TNI dan Polri mempertimbangkan efektivitas penyaluran bantuan secara cepat dan merata di seluruh Indonesia, dan langsung dapat diterima.

Menurutnya, Program ini bertujuan untuk meringankan beban yang dialami oleh masyarakat yang menjalankan usaha mikro, terutama PKL dan warung, atas dampak dari penerapan PPKM di 141 Kabupaten/Kota di 28 Provinsi berdasarkan Inmendagri No. 27 dan 28 tahun 2021.

“Bahwa untuk pemberian bantuan ini Kodim 0711/Pemalang melalui Babinsa sebelumnya telah melaksanakan pendataan di wilayah kelurahan desa binaannya masing-masing, mulai dari menginput data warga yang berhak mendapatkan bantuan BT-PKLW kemudian memasukkan datanya ke dalam aplikasi apabila memenuhi syarat barulah penerima bantuan dilanjutkan mengisi blangko untuk mendapatkan bantuan tersebut”, Tutur Dandim

Baca Juga  Tim Resik Masjid Terbentuk Di Kodim 0711/Pemalang

Dandim Berharap, semoga dengan bantuan Pemerintah melalui TNI Kodim 0711/Pemalang ini pedagang kaki lima dan warung dapat untuk menambah modal usahanya sehingga beban hidup di masa pandemi covid 19 ini dapat berkurang. Mari kita berdoa bersama agar pandemi ini cepat berakhir dan ekonomi kita tumbuh dan bangkit kembali. Selanjutnya para penerima bantuan secara bergiliran di bagi per sesi untuk menghindari kerumunan dilayani petugas yang juga dengan Prokes Ketat., (RedG).

  • Penulis : Candra
  • Editor : Sarwo Edy

Komentar

Tinggalkan Komentar