oleh

Klenteng Sam Poo Kong Semarang Kebakaran, Diduga Berasal dari Lilin

Semarang – Warga Kota Semarang digegerkan kebakaran yang terjadi di kompleks bangunan sejarah Klenteng Sam Poo Kong, Kelurahan Bongsari, Semarang Barat, Senin (17/5/2021),
sekira pukul 06.45 WIB.

Plt Kasiops Dinas Pemadam Kebakaran Kota Semarang, Edy Zuhri mengatakan, kebakaran yang terjadi di kompleks Sam Poo Kong tersebut diduga berasal dari rumah lilin yang terletak di depan bangunan utama klenteng.

“Tadi, ada lilin yang meleleh ke bawah terus menyambar daun kering hingga merambat ke lilin yang lain. Tidak menyambar ke bangunan lainnya hanya terkena di bangunan pelindung kecil dan sebenarnya kecil kalau kita lihat lokasinya sekitar satu ruangan saja dengan ukuran 3 x 4, enggak merambat kemana-kemana,” kata Edy Zuhri kepada Gnews.id, Senin (17/5/2021).

Lebih lanjut Edy mengungkapkan, petugas pemadam kebakaran mendapatkan kabar sekitar pukul 06.45 WIB dan api dapat dipadamkan sekitar 20 menit.

Hanya dalam waktu 20 menit kebakaran di Klenteng Sam Poo Kong padam (Foto: Istimewa)

“Kebakaran dapat cepat teratasi dan tidak butuh waktu lama sekitar 20 menit api sudah padam, kemungkinan di tempat tidak ada orang terus kena angin jadi meleleh gitu, “jelasnya.

Dia mengaku api dapat teratasi oleh mobil pemadam kebakaran yang diturunkan oleh Dinas Pemadam Kebakaran Kota Semarang. “5 unit mobil pemadam kebakaran yang diturunkan,” imbuhnya.

Informasi yang didapatkan dari video, kebakaran di Klenteng Sam Poo Kong Semarang itu terlihat membesar karena asap hitam tebal. Padahal. menurut Edy Zuhri, kebakaran yang terjadi tidak besar dan tidak membahayakan.

“Kadang video atau gambar tidak real di lapangan. Kadang ngeri ya kalau lihat video atau gambar kebakaran kalau enggak lihat secara real. Enggak membahayakan sebenarnya kejadian yang tadi, “ujarnya. (RedG/Dicky Tifani Badi)

Komentar

Tinggalkan Komentar

News Feed