oleh

Terapkan PHBS Melalui Edukasi Cuci Tangan dan Gosok Gigi di TK Pertiwi Kesongo, Tuntang

Semarang – Mahasiswa KKN UPGRIS di Desa Kesongo melakukan kegiatan penyuluhan cuci tangan dan gosok gigi untuk menjaga kesehatan dan kebersihan tubuh. Kegiatan penerapan cuci tangan dan gosok gigi ini dilakukan di TK Pertiwi Kesongo yang diikuti seluruh siswa mulai dari TK a, TK b, dan Paud, Rabu, (05/02/20)

Kegiatan awal dimulai dari memberikan sosialisasi bagaimana cara mencuci tangan dan menggosok gigi yang benar kepada siswa siswi TK Pertiwi. Dalam kegiatan sosialisasi tersebut tidak hanya memberikan cara menggosok gigi dan mencuci tangan yang benar, melainkan memberikan pengelanan langkah-langkah cara mencuci tangan dan sebab akibat penyakit gigi, perut dan cara penanggulangan.

Setelah melakukan sosialisasi, mahasiswa KKN UPGRIS menjelaskan kembali mengenai cara menggosok gigi dan mencuci tangan dengan menggunakan bahasa anak yang membuat siswa siswi TK Pertiwi sangat antusias mendengarkan dan menirukan pengarahan pentingnya Perilaku Hidup Bersih dan Sehat dari Mahasiswa KKN UPGRIS.

Kemudian, Sabtu, (08/02/20) Siswa mulai mempraktikkan secara langsung cara melakukan cuci tangan dan gosok gigi di halaman TK Pertiwi. Masing-masing siswa diharapkan untuk membawa pasta gigi yang akan digunakan untuk praktik menggosok gigi.

Guru-guru TK Pertiwi Kesongo dalam menjalankan kegiatan ini sangat bersemangat dalam pelaksanaan kegiatan cuci tangan dan gosok gigi. Pada kegiatan ini antusias paling tinggi terlihat saat siswa melakukan praktik langsung di lapangan. Di tambah lagi dengan siswa yang paling bersemangat melakukan kegiatan tersebut akan mendapatkan hadiah sebuah mainan.

Dari kegiatan tersebut siswa TK Pertiwi Kesongo merasa lebih paham mengenai pola hidup bersih dan sehat dengan cara menggosok gigi dan cuci tangan sesuai dengan apa yang sudah diajarkan oleh guru dan Mahasiswa KKN UPGRIS, serta siswa tersebut mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari, karena pembiasaan pola hidup bersih dan sehat harus dimulai sejak dini. (RedG/Amel)

Baca Juga  Pelatihan Pie Ubi Mahasiswa KKN UPGRIS

 

 

Komentar

Tinggalkan Komentar

News Feed