KKN UPGRIS sosialisasi Produksi dan Pemasaran Digital Desa Gedong

Semarang – KKN (Kuliah Kerja Nyata) UPGRIS (Universitas PGRI Semarang ) beri sosialisasi dan pelatihan pada pelaku usaha terutama UMKM di Balaidesa Kelurahan Gedong, Kecamatan Banyubiru, Kabupaten Semarang . Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan inspirasi dan Inovasi dalam pembuatan produk dan pemasaran Produk UMKM berbasis digital. Antusiasme peserta membuat kegiatan berjalan dengan lancar, Rabu(12/2)

Mahasiswa KKN UPGRIS desa gedong mengadakan acara Sosialisasi Produksi dan Pemasaran Digital Desa Gedong dan juga membantu dalam pembuatan account sebuah iccomers, kegiatan ini ini merupakan salah satu program kerja dari bidang kewirausahaan. Dihadiri oleh 26 masyarakat pada 8 dusun di Desa Gedong yang merupakan pelaku usaha baik UMKM, pelaku usaha offline maupun perwakilan struktural dari Desa Gedong.

Program “Sosialisasi Produksi dan Pemasaran Digital” ini bertujuan untuk memajukan UMKM Desa Gedong yang semula hanya memproduksi dan memasarkan untuk warga lokal bisa memperluasnya. Bukan hanya UMKM saja, akan tetapi bagi juga berlaku pada pelaku usaha yang lainnya maupun peserta lain yang ingin merambah dalam bidang kewurausahaan. Dalam hal ini KKN UPGRIS memberikan edukasi tentang teknik pemasaran yang dsampakan oleh Dosen UPGRS yaitu Bapak Heri Probowo, S.E., M.M selakua dosen Menajemen dan juga pembuatan dan pembmbngan dengan pemasaran digital.

Kegiatan yang berlangsung di aula Balaidesa Gedong cukup lancar dan juga kondusif. Peserta memahami tentang penyampaian materi yang diberikan dan juga semua mahasiswa KKN UPGRIS dan peserta bersinergi dalam pembuatan account untuk pemasaran digital serta pendampngan tentang produk yang akan di pasarkan.

Rabu, 12 Februari 2020 telah terlaksana kegiatan Sosalisasi Produksi dan Pemasaran Digital yang dimulai pukul 09.00 hingga 11.45 tanpa jeda. “Saya biasanya hanya menjual pada warung saya secara offlne dan juga hanya sebatas tetangga saya saja. Saya berterimakasih pada mahasiswa KKN UPGRIS yang telah memberikan pengetahuan penjuakan secara online”. Ujar ibu Lilis selaku pelaku usaha dari salah satu dusun.

Sosialisasi ini berlangsung selama 2 jam 45 menit dengan acara pertama yaitu acara pembukaan oleh Kepala Desa Gedong yang dilanjut materi yang disampaikan oleh pemateri dan juga termin pertanyaan yang ditawarkan kepada peserta yang lalu sebagai hasil dari tindak lanjut sosialisasi yaitu penyampaian dan pembuatan akun salah satu iccomers yang disapaikanoleh mahasiswa KKN UPGRIS sebagai wadah pemasaran online pelaku usaha. Tak hanya pembuatan akun, mahasiswa KKN UPGRIS juga mendampingi sampai produk yang akan terpasarkan benar-benar di upload dan masuk dalam pasar digital.

Dalam suatu kesempatan salah satu struktural desa Gedong mengatakan “Potensi UMKM ataupun pelaku usaha di Desa Gedong mempunyai potensi yang bagus. Akan tetapi hanya diproduksi dan dipasarkan pada warga setempat.” Itu sebabnya mahasiswa KKN UPGRIS mengadakan kegiatan Sosialisasi Prosuksi dan Pemasaran Digital Desa Gedong sebagai tindak lanjut kita mengabdi pada masyarakat dalam mengembangkan potensi yang dimiliki oleh manyarakat terutama Desa Gedong. (RedG/KKN UPGRIS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *