oleh

KKN UPGRIS Latih Motorik Halus Anak Usia Dini Dengan Mewarnai

Kendal – Mewarnai merupakan kegiatan yang sangat digemari anak-anak. Anak-anak tidak hanya mendapatkan hiburan dengan kegiatan ini, melainkan juga dapat meningkatkan konsentrasi anak dan melatih motorik halus pada anak.

Keterampilan motorik halus anak merupakan salah satu latihan keterampilan menulis bagi anak usia dini. Dengan kegitan mewarnai, jari-jari anak akan menjadi semakin terampil serta anak-anak juga dapat belajar tentang kerapian dan ketelitian.

Dalam rangka melatih keterampilan motorik anak usia dini (PAUD), Tim Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas PGRI Semarang mengajak anak-anak usia dini (PAUD) untuk melakukan kegiatan mewarnai, selasa (4/2). Kegiatan ini diikuti  30 anak-anak dari PAUD Aisyah Sarirejo, Kaliwungu, Kendal, didampingi  5 guru, dan 9 mahasiswa KKN UPGRIS.

Anak-anak terlihat antusias dalam mengikuti kegiatan mewarnai. Kegiatan tersebut dilaksanakan mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 10.00 WIB. Diawali dengan pembiasaan rutin kepada anak-anak yaitu baris didepan kelas dilanjutkan dengan senam, setelah itu ada kegiatan pembuka yang diisi dengan bernyanyi dan penjelasan tentang tema kegiatan. Pada kegiatan inti, anak-anak dibagikan krayon dan lembar gambar untuk diwarnai. Kegiatan tersebut diakhiri dengan recalling dan membaca doa pulang.

Antusiasme tidak hanya pada anak-anak, melainkan juga pada guru dan orang tua. Hal ini karena kerjasama KKN UPGRIS dengan guru untuk mendampingi kegiatan tersebut. Setelah kegiatan mewarnai selesai anak-anak diberi apresiasi stiker bintang oleh Mahasiswa KKN UPGRIS.

Kegiatan mewarnai diharapkan agar dapat melatih motorik halus terutama untuk melatih kemampuan awal anak dalam menulis. Serta dapat bermanfaat dalam mengembangkan motorik, mengenal perbedaan warna, meningkatkan konsentrasi anak, dan meningkatkan kreatifias. (RedG/Elly PS)

Komentar

Tinggalkan Komentar

News Feed