oleh

Kirab Hari Santri, PBNU Tunjuk Temanggung Jadi Tujuan Kirab

Temanggung – Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) menggelar acara Kirab Hari Santri Nasional tahun 2023 sebagai bagian dari Rangkaian kegiatan Peringatan Hari Santri Nasional 2023 yang akan dilaksanakan tanggal 22 Oktober 2023 di Surabaya.

Kirab Santri tahun ini mengambil rute Banten, Cirebon, Temanggung, Rembang dan berakhir di Surabaya. Hal ini disampaikan Ketua Tim Kirab Hari Santri H.Edy Junaidi saat penyerahan pataka kirab kepada Ketua Tanfidziyah PCNU Temanggung KH. Muhammad Furqon di halaman Masjid Al Barokah Bambu Runcing Parakan, Temanggung pada Jumat 20 Oktober 2023.

Dalam hal ini, Temanggung ditunjuk sebagai tujuan kirab, karena terkait dengan sejarah perjuangan bangsa. Penyerahan Kirab Santri tersebut menjadi penanda sejarah tentang perjuangan kaum santri melawan penjajah. Terutama, sebagai tempat penyepuhan Bambu Runcing untuk senjata perjuangan melawan penjajah dengan tokoh utama KH Subkhi.

Ketika sebelum Resolusi Jihad yang digaungkan Hadratus Syaikh KH. Hasyim Asy’ari pada 1945 para pejuang dari berbagai kota di Indonesia terutama dari Surabaya berbondong bondong datang ke Parakan untuk menyepuh bambu runcing melawan pasukan sekutu.

Setelah penyerahan petasan dilanjutkan sambutan dari Pj Bupati Temanggung dan Ketua PCNU Temanggung.

Acara yang juga dihadiri para santri dan pengurus NU ini dilanjutkan dengan ziarah ke makam KH Subkhi.

Para peserta kirab selanjutnya akan menginap di komplek Kampus Hijau Inisnu Temanggung, AKPER NU, dan KBIHU Babussalam pada Sabtu (21/10/2023). Pada pagi hari ini, rombongan kirab akan meneruskan perjalanan ke Rembang dan akan berakhir di Surabaya. (RedG/*)

Komentar

Tinggalkan Komentar