oleh

Kini Baznas Pemalang Punya Gedung Sendiri

Pemalang – Plt. Bupati Pemalang Mansur Hidayat meresmikan gedung Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Pemalang, di Kelurahan Kebondalem, serta launching aplikasi “Zakat Online” Selasa (20/12/2022).

Sebelum melakukan peresmian Plt. Bupati Pemalang Mansur Hidayat berkesempatan menyerahkan bantuan pada masyarakat yang membutuhkan berupa alat kesehatan berupa kursi roda untuk 10 penderita, pompa air bagi disabilitas, bantuan relokasi warga tidak mampu di Kelurahan Sugihwaras sebesar 250 juta, bantuan ekonomi produktif untuk ODGJ pasca perawatan sebesar 16 juta rupiah, bantuan ekonomi produktif bagi lansia produktif untuk 10 orang dengan bantuan sebesar 10 juta rupiah.

Dalam sambutannya, Ketua Baznas Pemalang H. Agus Nurkholis, ST., menyampaikan bahwa selama masa kerjanya mulai 29 Desember 2017 yang akan berakhir pada 22 Desember 2022 nanti telah menghimpun Zakat, Infaq dan Sodaqoh sebesar Rp. 36.298.923.137 dan telah selama 5 tahun baznas kabupaten pemalang telah mendistribusikan ZIS sesuai asnaf zakat kepada yang berhak menerima sebesar RP. 35.235.586.103 yang dilaksanakan dalam 5 program yaitu: Pemalang Sejahtera, Pemalang Sehat, Pemalang Cerdas, Pemalang Bertaqwa, Pemalang Advokasi dan bantuan hukum.

“Harapan kami mudah-mudahan di bawah kepemimpinan Plt Bupati Pemalang Bapak Mansur Hidayat yang sebentar lagi insyaAllah akan dilantik menjadi definitip Bupati Pemalang, optimalisasi Zakat, Infaq dan sedekah bisa terwujud karena potensinya yang bisa mencapai 18-20 Miliyar pertahun atau 1.5 Miliyar perbulan. Dengan jumlah ASN Muslim di Kabupaten Pemalang yang lebih dari 9.000 orang. Dan Alhamdulillah di bawah kepemimpinan Bapak Mansyur Hidayat kemiskinan di tahun 2022 yang ada di Kabupaten Pemalang turun sebesar 1.5%. atau yang tadinya diurutan 34, sekarang menjadi 32 untuk kabupaten kota di Jawa Tengah,” ujar H. Agus.

Baca Juga  Curah Hujan Tinggi, Sebabkan Longsor di Jalan Alternatif ke Objek Wisata Bukit Khayangan

Dalam kesempatan yang sama, Plt. Bupati Pemalang Mansur Hidayat menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya atas persemaian dan launching aplikasi zakat online.

Dengan selesainya pembangunan gedung ini, diharapkan kinerja Baznas Kabupaten Pemalang dapat semakin baik. Sehingga, program programnya dapat menyentuh seluruh lapisan masyarakat, dan manfaatnya secara signifikan mampu meringankan beban kebutuhan warga masyarakat Kabupaten Pemalang.

“Saya juga berharap, ke depan program-program yang dirancang Baznas dapat semakin baik, tertib, modern. Namun dengan tetap memperhatikan dan berpedoman kepada Syariat Islam,” harap Mansur.

Disamping itu, Mansur Hidayat mengingatkan tugas Baznas begitu vital. Selain fungsi utamanya, untuk mengumpulkan, mendistribusikan, dan mendayagunakan zakat yang di kumpulkan oleh umat Islam. Baznas juga harus tetap fokus dan profesional mengelola manajemen organisasinya. Dengan di dukung pengelolaan yang profesional, baik kelembagaan maupun tupoksinya, saya berharap kepercayaan masyarakat juga akan semakin meningkat.

“Tingkat kepercayaan ini, tentunya berdampak positif dengan semakin banyaknya orang yang menyerahkan zakat, infaq dan shodaqohnya. Jumlah munfiq dan muzakki semakin meningkat, dampaknya manfaat yang dirasakan warga masyarakat juga akan semakin besar.” papar Mansur.

Mansur juga berharap kepada ketua dan segenap jajaran pengurus Baznas Kabupaten Pemalang, dengan diresmikannya gedung Baznas ini untuk lebih fokus lagi dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya dalam rangka mendorong pembangunan di Kabupaten Pemalang. Serta berharap pada masyarakat Kabupaten Pemalang agar bisa menyalurkan zakat, infaq dan shodaqohnya melalui Baznas Kabupaten Pemalang. (RedG)

Komentar

Tinggalkan Komentar