oleh

Khidmat Peringatan Hari Santri Nasional di Pondok Pesantren Nurul Falah

Pangkalan Baru — Memperingati Hari Santri Nasional ke 8 Tahun 2023, Pondok Pesantren Nurul Falah 2, Kabupaten Bangka Tengah Provinsi kepulauan Bangka Belitung menggelar upacara, dengan mengangkat tema “Jihad Santri Jaya Kan Negeri, Minggu pagi (22/10/2023). Dihadiri Mudir Ma’had Ustadz KH Masri Sahrun, Pimpinan dan para pengurus dan para asatidz.

Pembina Yayasan Pondok pesantren Nurul Falah Ustadz H. Rusli mengatakan dengan penuh kesadaran untuk menatap masa depan gemilang, mewujudkan baldatun yhoyyibatun wa robbun ghofuur.

“Sesuai dengan tema HSN tahun ini, mari kita fahami dengan dan sebagai jihad patriotisme, jihad religius dan jihad demokratis nasionalis,” ujarnya.

Ia juga mengulas sejarah, pada 1926 Nahdhatul Ulama (NU) lahir, pada 17 Agustus 1945 Indonesia merdeka, namun Pondok Pesantren sudah ada sebelum NU lahir dan Indonesia merdeka. Dalam masa perjuangan kemerdekaan Indonesia dari penjajahan kala itu, kalangan agamawan termasuk para santri yang dikenal dengan Hizbul Wathon kala itu turut berjihad merebut kemerdekaan.

“Maka dari itu, kita harus mewarisi sikap patriotisme para santri, guru, kyai kala itu dalam berjihad melawan penjajahan,” katanya.

“Mari sikapi HSN ini, dengan sikap demokratis nasionalis, karena tidak ada yang akan melindungi kemerdekaan kita secara utuh selain rakyat dan kita semua,” tambahnya.

Ustadz Rusli juga berharap, agar para santri bangkitkan semangat patriotisme saat ini dalam melawan penjajahan yang tidak tampak yakni kebodohan dan kemiskinan baik itu miskin harta, miskin ilmu, miskin akhlak dan budipekerti yang lebih sulit dan berat dari pada melawan bentuk penjajahan yang nyata seperti pada masa penjajahan sebelum kemerdekaan.

“Pada momentum HSN ini juga, kita berdoa dan berharap semoga Allah SWT senantiasa memberikan kemudahan kepada kita, termasuk dalam mengembangkan Pondok Pesantren Nurul Falah 2 diatas lahan seluas 4 hektar ini yang nantinya akan dikhususkan untuk pondok putri,” imbuhnya (RedG /**).

Komentar

Tinggalkan Komentar