oleh

Kerupuk Temulawak Kreasi dari Pacitan

Pacitan-Kampus adalah sumber ilmu pengetahuan sedang industri adalah sumber pendanaan begitu kata sebagian orang.

Dalam kehidupan seandainya dua lembaga ini bisa bersinergi maka akan sangat ideal sekali. Untuk itulah berbagai hibah dari negara banyak dikucurkan kepada kampus untuk mendorong kedua belah pihak.

STKIP PGRI Pacitan adalah salah satu kampus yang peduli dengan industri kecil lokal Pacitan.

Dr Mukodi Rektor STKIP PGRI Pacitan, Minggu (31/5) memaparkan bahwa STKIP PGRI Pacitan mendapatkan hibah PKM kewirausahaan yang hasilnya adalah kerupuk temulawak.

“Kerupuk ini sangat berbeda dengan krupuk biasanya yang terbuat dari gandum namun hasil PKM ini ada temulawak dengan porsi yang lebih dominan sehingga khas sekali. Dari sisi kesehatan sangat higienis dan bermanfaat untuk perikan pencernaan,” ujarnya.

Dia menuturkan awalnya pihak STKIP memberikan arahan kepada mahasiswa untuk melakukan pemetaan berbagai temulawak di berbagai lokasi yang biasanya hanya berfungsi sebagai jamu dan harganya yang rendah.

Ditambahkannya, kemudian pihak tim kampus berfikir untuk membuat inovasi agar temulawak ini bisa menjadi lebih bermanfaat. Pendanaan yang diperoleh dari Dirjen DIKTI.

“Pengembangannya oleh mahasiswa sendiri sampai sekarang sudah merambah dibanyak warung. Kami masih akan berinovasi berkaitan dengan PKM untuk mahasiswa,” tegasnya.( eka )

Komentar

Tinggalkan Komentar