oleh

Keren, Luluk Nur Hamidah Ikut Menanam Padi di Sawah Desa Tangkil

Sragen – Suasana malam hari di Desa Tangkil Sragen tidak seperti biasanya, karena malam itu dihadiri Anggota Komisi IV DPRRI dari FPKB yang akrab disapa Mbak Luluk yang didampingi Dr Suwandi ( Dirjend Tanaman Pangan Kementerian Pertanian), suasana jadi meriah ketika legislator perempuan ini ikut terjun di tengah sawah bersama ibu-ibu petani, bahkan dengan tidak canggung dia ikut pula menanam di tengan lahan sawah berbaur dengan ibu-ibu petani. Hal ini terjadi pada hari Jumat malam (27/11/2020).

Kebiasaan petani di Desa Tangkil ini menanam padi di malam hari, karena ketersediaan air.

”Kalau kami menanam pada siang hari tidak bisa karena kurangnya air,” ujar salah satu petani.

Penanaman padi ini kebanyakan dilakukan perempuan, jadi proses produksi pertanian ini dimulai dari peran perempuan, ternyata peran perempuan ini sangat luar biasa,bahkan mulai tanam sampai panen.

Mbak Luluk berharap peran perempuan ini jangan diniscayakan.

“Peran perempuan ini sangat besar dan sangat luar biasa terhadap produksi pertanian, bayangkan mulai tanam bibit, menyiangi lahan bahkan sampai panen,” katanya.

Kunjungan ini merupakan wujud dukungan nyata kepada petani khususnya perempuan, betapa pentingnya peran perempuan dalam sektor pertanian, haruslah sebanding dengan hak yang akan mereka terima.

“Keterlibatan perempuan ini dalam prospek pertanian kedepan akan menjadi garansi keamanan pangan bukan hanya untuk rumah tangga saja akan tetapi juga untuk ketahanan pangan nasional. Maka dalam pembangunan ekonomi ke depan sangat perlu kebijakan yang mengedapankan persoalan peran perempuan,” tegasnya.

Di kesempatan yang sama Mbak Luluk menyampaikan pentingnya membangun infrastruktur pertanian, seperti sumur dalam, irigasi, dan Jalan Usaha Tani, guna meningkatkan produksi pertanian.

Ketua Gapoktan Desa Tangkil sangat berharap dukungan insfrastruktur pertanian mendapat perhatian dari pemerintah, jika terwujud maka petani di desa ini bisa tanam dan panen 3 kali dalam setahun.

Komentar

Tinggalkan Komentar

News Feed