oleh

Kepsek SDN 03 Payaraman Tegaskan Tidak Ada Pungli

Sumsel – Kepala Sekolah SDN 03 Payaraman, Nab’ah SPd I, tegaskan jika dirinya tidak melakukan pungli sumbangan wali siswa, seperti yang ditudingkan dalam pemberitaan salah satu media online baru-baru ini. Dukungan moril dari semua pihak terhadap Nab’ah pun berdatangan, karena berdasarkan fakta lapangan Kepsek SDN 03 Payaraman tersebut tidak seperti apa yang diberitakan.

“Terkait tudingan salah satu media online saya melakukan pungli sumbangan wali siswa beberapa hari lalu tersebut, itu sama sekali tidaklah benar dan terkesan mencemarkan nama baik,” kata Nab’ah kepada awak media di Desa Payaraman, Selasa pagi (06/07/2021).

Nab’ah menyesalkan adanya pemberitaan miring dari salah satu media online tersebut, bahkan oknum awak medianya sempat menyebut-nyebut ada LSM Kapak Merah yang akan angkat permasalahan ditudingkan ini.

“Saya sudah melaporkan dengan atasan hingga pihak Dinas Pendidikan Ogan Ilir (OI) terkait tudingan fitnah tersebut,” ungkapnya.

Ketua Komite Sekolah Tegaskan Sumbangan Itu Inisiasinya

Sementara itu, Ketua Komite SDN 03 Payaraman, Zainal ungkapkan, jika sumbangan sebesar Rp.150 ribu yang digalang oleh 34 wali murid kelas VI tersebut, adalah inisiasi pihak Komite dan wali murid.

“Awalnya sumbangan itu, untuk biaya perpisahan murid kelas VI. Namun dikarenakan Pandemi Covid-19 saat ini, maka dalam rapat komite sumbangan yang terkumpul sekitar Rp.5.100.000,- disepakati dialihkan untuk penyelesaian bangunan gerbang sekolah,” katanya.

Dalam rapat komite beberapa waktu lalu, dihadiri 26 wali murid dari total 34 wali murid yang dibuktikan dalam berita acara dan notulen rapat.

“Ada beberapa wali murid juga yang belum menyumbang, tapi intinya saat rapat komite yang dihadiri lebih dari 50 persen itu, para wali murid tak ada yang kemukakan pendapat merasa keberatan,” katanya.

Zainal juga menegaskan, dalam hal sumbangan komite untuk menyelesaikan bangunan gerbang sekolah SDN 03 Payaraman tersebut, murni inisiatif komite.

Baca Juga  Berbagi Kebahagiaan Di Bulan Nan Suci

“Ini murni hasil persetujuan kami dalam rapat komite. Jadi, kami pun sangat menyesalkan tudingan dalam pemberitaan yang mengatasnamakan dari laporan salah seorang wali murid, intinya jangan membuat gaduh sekolah kami dengan pemberitaan tak berbobot,” ungkap Zainal.

Wali Siswa Tak Keberatan Atas Sumbangan Komite

Sedangkan Aidi, seorang wali siswa menegaskan, betapa naifnya tudingan pemberitaan oleh salah satu media online yang info laporannya mengatasnamakan salah seorang wali siswa.

“Kami ikut dalam rapat komite pak, dihadiri Ketua Komite, Kades Tebedak II dan 26 wali murid yang berkesempatan hadir dari total 34 wali murid kelas VI SDN 03 Payaraman ini, dalam rapat sebelumnya saya juga saksikan tidak ada wali murid yang berkeberatan dalam rapat karena ini hanya Rp.150 ribu lho bukan Rp.150 juta perwalinya. Namun tiba-tiba, muncul pemberitaan seperti itu yang terkesan menjudge, sementara masalah komite ini tidak ada sangkut pautnya dengan Kepala Sekolah,” katanya.

Selain itu, selama 6 tahun anak-anak dididik dengan telaten di SDN 03 Payaraman hingga bisa baca tulis dan sampai lulus kelas VI.

“Kami minta jangan buat gaduh sekolah kami dengan pemberitaan tak berbobot itu, betapa naif dan tak wajarnya tudingan pemberitaan salah satu media online itu kepada Kepsek SDN 03 Payaraman tersebut. Sepertinya, berita ini salah alamat dan itu mencerminkan sejauhmana kompetensi oknum wartawannya,” tegasnya.

Kades Tebedak II Support Kepsek Nab’ah

Adapun Kades Tebedak II, Jamhuri, berikan support moril atas kinerja Kepsek SDN 03 Payaraman, Nab’ah SPd I dalam memajukan dunia pendidikan khususnya di Desa Tebedak II ini.

“Selaku Kades Tebedak II, saya juga ikut hadir dalam rapat komite yang membahas sumbangan wali murid tersebut. Tidak ada yang keberatan dalam rapat komite itu, jadi kami sesalkan pemberitaan miring ditudingkan ke Bu Nab’ah,” ungkapnya.

Baca Juga  Kemenag RI Adakan Penguatan Kapasitas Pendidik Inklusi Di Jateng

Kades juga menyemangati Kepsek Nab’ah, untuk tidak terpengaruh dan tidak ambil pusing terkait berita tudingan salah alamat itu.

“Sepengetahuan kami, dana BOS hanya bisa dipergunakan untuk rehab ringan saja. Jadi menyikapi agar hewan ternak kaki empat agar tidak bisa masuk ke halaman sekolah, komite mengadakan musyawarah penyelesaian bangunan gerbang sekolah. Karena tidak bisa dialokasikan dari dana BOS, maka solusi dalam rapat komite melalui sumbangan wali murid, ya pastinya untuk kebaikan anak-anak kita juga saat sekolah,” pungkas Kades Jamhuri.

Korwil Payaraman Tegaskan Tak Ada Pelanggaran

Terpisah, Korwil Dikbudcam Payaraman, Jamaluddin Selasa (06/07/2021), membenarkan jika Kepsek SDN 03 Payaraman telah dipanggilnya untuk mengkonfirmasikan permasalahan pemberitaan miring atasnya baru-baru ini di salah satu media online yang beritanya sempat juga dishare ke medsos.

“Pemberitaan yang ditudingkan ke Bu Nab’ah baru-baru ini patutlah disesalkan. Ada baiknya juga kita sharing sebelum sharing informasi. Saya selaku Korwil, juga sudah panggil dan minta penjelasan beserta bukti, berita acara dan lainnya terkait masalah sumbangan itu. Dalam hal ini, sumbangan yang dipergunakan untuk penyelesaian bangunan gerbang sekolah itu murni inisiatif komite sekolah bersama para wali murid,” katanya.

Korwil Jamaluddin juga berharap, tentunya, masih banyak berita lain yang lebih patut diekspose, misalkan apa saja prestasi sekolah SDN 03 Payaraman dan berita-berita berbobot memotivasi lainnya

“Sebelumnya, SDN 03 Payaraman ini tidak terlalu mencolok, namun sejak dipimpin Kepsek Nab’ah, setidaknya sudah ada tambahan bangunan 4 lokal bersumber dari DAK. Jadi, ada gedung belajar yang baru, pagar dan gerbang sehingga sekolah jadi lebih tertata dengan baik.(RedG/Rizal)

Komentar

Tinggalkan Komentar