oleh

Kemenhub Kerahkan 7 Kapal Patroli KPLP Cari Pesawat Sriwijaya Air

Jakarta – Direktorat Perhubungan Laut, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah mengerahkan sekitar 7 kapa patroli milik Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) untuk membantu pencarian pesawat Sriwijaya Air SJY -182 yang jatuh di sekitar Pulau Lancang dan Pulau Laki, Kepulauan Seribu.

Direktur KPLP, Ahmad mengatakan, dari tujuh kapal yang dikerahkan tersebut, 5 diantaranya merupakan armada Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai (PLP) Kelas I Tanjung Priok yaitu KN.

“Trisula P-111 yang saat ini sudah berada di wilayah perairan Kepulauan Seribu, KN. Alugara P-114, KN. Celurit P-203, KN. Belati P. 205. Selain itu, RIB SAR PLP Tanjung Priok juga disiagakan,” kata Ahmad dalam keterangan pers yang diterima G-News.id di Jakarta, Sabtu (9/1/2021).

Selain itu, lanjut dia, Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas III Kepulauan Seribu juga telah mengerahkan 2 kapal patroli yaitu KN.355 dan V.S054 yang akan berangkat besok pagi.

“Kapal-kapal patroli KPLP siap siaga dan segera bergabung dengan tim SAR dibawah komando dari Basarnas untuk melakukan pertolongan dan pencarian korban pesawat Sriwijaya Air tersebut,” tuturnya.

Sepeti diketaui, pesawat Sriwijaya Air SJ 182 dengan rute penerbangan Jakarta – Pontianak dikabarkan jatuh di sekitar Pulau Seribu. Pesawat jenis Boeing 737-500 yang terbang dengan 50 orang penumpang dan 12 krunya, termasuk 3 bayi itu dinyatakan hilang kontak sekitar pukul 14.40 WIB.

Atas peristiwa ini, Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun langsung memberikan arahan untuk memaksimalkan upaya pencarian pesawat Sriwijaya Air SJ 182 tersebut. Kemenhub juga telah melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk melakukn pencarian secara maksimal.

Sementara itu, Basarnas juga telah mengerahkan kapal-kapal miliknya ke titik lokasi hilangnya pesawat, yakni di sekitar perairan Pulau Lancang dan Pulau Laki, Kepulauan Seribu. (RedG/Ong)

Komentar

Tinggalkan Komentar

News Feed