oleh

Kembalinya Pesona Bukit Ganduman

Karanganyar – Bukit Ganduman yang berada di Dusun Kadipekso, Desa Gumeng, Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar menawarkan eloknya pemandangan alam serta hamparan kebun teh kepada pengunjung. Lokasi Bukit Gandungan berada di jalur menuju kawasan wisata Candi Cetho.

Di bukit tersebut pengunjung dapat melihat megahnya Gunung Lawu serta atraksi paralayang apabila cuaca cerah. Bukit Ganduman dulunya hanya sekadar bukit yang ditanami tanaman teh.

Hingga akhirnya karang taruna dusun setempat menjadikannya lokasi wisata dengan penambahan fasilitas berupa gazebo, spot selfie, serta landmark Bukti Ganduman.

Sayangnya semenjak covid-19 melanda, Bukit Ganduman ini tidak terawat karena sepinya pengunjung. Hal inilah yang menarik mahasiswa Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) Universitas Slamet Riyadi Surakarta yang ikut serta dalam program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) melaksanakan kegiatan pengembangan Desa Wisata di Bukit Ganduman, Desa Gumeng, Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar.

Dikemukakan oleh Anindita W, salah satu Mahasiswa KKN-T ini, Bukit Ganduman masih memiliki pesona alam yang menarik perhatian pengunjung maupun masyarakatnya umum asal dibersihkan dan dikelola dengan baik. Maka Mahasiswa KKN-T Unisri inu berusaha membantu dan berkolaborasi dengan pihak terkait untuk menghidupkan kembali obyek wisata Bukit Ganduman.

“Kegiatan yang dilakukan untuk pengembangan Desa Wisata di Bukit Ganduman antara lain, membersihkan area bukit dari sampah-sampah dan rumput – rumput liar, menghias bukit dengan tanaman hias, merenovasi spot foto yag sudah ada sebelumnya. Selain itu, proses memulihkan perekonomian Desa Gumeng seperti menjaga loket masuk ke Bukit Ganduman, hingga mempromosikan wisata Bukit Ganduman ke media sosial.”jelasnya, Sabtu (7/1/2023).

Dengan Pengembangan Desa Wisata Bukit Ganduman ini diharapkan perekonomian yang ada di Desa Gumeng mengalami peningkatan dan menumbuhkan atau menambah daya tarik pengunjung melalui sebuah tampilan baru di Bukit Ganduman serta dapat beroperasi kembali.

Baca Juga  Koreografer Belanda Arno Schuitemaker Pukau Penikmat Seni di Jambi Dalam Karya “If You Could See Me Now”

Ide dan dukungan Mahasiswa KKN-T Unisri ini mendapat apresiasi dari Kepala Desa Gumeng, Suryanto yang mengatakan senang dan sangat berterimakasih dikarenakan sudah memulihkan kembali wisata tersebut dan sudah bisa mengoperasikan kembali wisata tersebut. (RedG/AW)

Komentar

Tinggalkan Komentar