oleh

Kegiatan Non Fisik Diisi Dengan Wasbang

Wonogiri – Dalam rangkaian kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa(TMMD) Sengkuyung tahap III Kodim 0728/Wonogiri selain dilaksanakan kegiatan fisik berupa rabat jalan dan pembuatan pos kamling juga diisi dengan kegiatan non fisik. Bertempat di Balai Desa Tlogoharjo Kapten Inf Moch. Sambudi Danramil 08/Giriwoyo berkesempatan memberikan wawasan kebangsaan dengan materi bela negara didepan siswa-siswi SMK N 1 Giritontro, SMK Gajah Mungkur dan SMK Kelautan Giritontro dan masyarakat desa Tlogoharjo, Jum’at(2/11).

 

Danramil 08/Giriwoyo Kapten Inf Moch. Sambudi mengupas tentang Bela negara adalah sikap, tekad dan juga perilaku warga negara yang dilakukan secara menyeluruh, teratur serta terpadu dan juga dijiwai oleh kecintaan terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 untuk menjamin kelangsungan hidup berbangsa dan bernegara.

Dia mengatakan dasar hukum mengenai bela negara terdapat dalam isi UUD 1945, yakni Pasal 27 ayat (3) yang menyatakan bahwa semua warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara. Pasal 30 ayat (1) yang menyatakan bahwa tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara.

“Tujuan Bela Negara Menjalankan nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945. Menjaga identitas dan integritas bangsa dan negara. Melestarikan budaya. Mempertahankan kelangsungan hidup bangsa dan juga negara. Berbuat yang terbaik bagi bangsa dan juga negara,” ujarnya.

Dia menambahkan fungsi bela negara merupakan kewajiban setiap warga negara. Mempertahankan Negara dari berbagai ancaman. Merupakan panggilan sejarah. Menjaga keutuhan wilayah negara.

“Bela negara memiliki beragam manfaat, baik bagi individu masing-masing warga negara ataupun bagi negara itu sendiri. Berikut ialah beberapa contoh manfaat bela negara Menanamkan rasa kecintaan pada Bangsa dan Patriotisme sesuai dengan kemampuan masing-masing. Membentuk Iman dan Taqwa pada masing-masing Agama. Melatih jiwa kepemimpinan dalam memimpin diri sendiri ataupun kelompok,” tegasnya. (RedG)

Komentar

Tinggalkan Komentar

News Feed