Wonogiri – Saka Wira Kartika adalah wadah kegiatan bagi Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega untuk meningkatkan kesadaran bela negara melalui pengetahuan dan keterampilan di bidang Matra Darat. Matra Darat sendiri dapat diartikan sebagai segala aktivitas dan kegiatan yang dilakukan secara terorganisir, perorangan ataupun kelompok yang memanfaatkan kondisi alam di darat seperti hutan, gunung, rawa dan sungai.

Kodim 0728/Wonogiri melaksanakan kegiatan Uji krida yang dipimpin langsung oleh Pinsaka Tingkat Cabang Wonogiri Kak Serma Gatot Hariyanto didampingi oleh para Instruktur Saka Wira Kartika Wonogiri diantaranya Kak Eko Mulianto, Kak Sugiyarto, Kak Gigih, Kak Joko Surono, Kak Wahyudi Kak Arif Bayu, Sabtu(16/3).

Kegiatan diikuti oleh 92 peserta dari 3 pangkalan yaitu pangkalan kodim 0728/Wonogiri, Koramil 14/Jatisrono dan Koramil 19/Purwantoro.

Kegiatan-kegiatan krida tersebut dilaksanakan selama dua hari. Calon anggota menginap selama mengikuti kegiatan krida.

Kegiatan diawali dengan pengecekan personel, barang dan perlengkapan serta test tertulis. Dilanjutkan kegiatan apresiasi film Indonesia dengan pemutaran film ” Merah Putih Memanggil ”

Malam harinya peserta melaksanakan Renungan Suci. Kegiatan lainnya, saat waktu makan selalu dilakukan secara terpimpin dan bersama-sama.

“Seluruh kegiatan dan tradisi dilakukan secara terpimpin. Tujuannya melatih dan memberikan rasa tanggung jawab serta disiplin kepada calon anggota Saka Wira Kartika,” terang Pinsaka Tingkat Cabang Wonogiri Kak Serma Gatot Hariyanto

“Saka Wira Kartika membentuk patriot bangsa yang setia, berbakti, dan menjunjung tinggi nilai luhur bangsa serta tetap menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” tegasnya.(RedG)

Tinggalkan Komentar