oleh

Kebersihan Lingkungan Cegah DBD

Wonogiri – Demam Berdarah atau Demam Berdarah Dengue (DBD) merupakan salah satu penyakit infeksi virus yang penyebarannya dilakukan oleh nyamuk Aedes. Faktor-faktor yang mempengaruhi peningkatan dan penyebaran kasus DBD sangat kompleks yaitu terdapatnya genangan air bersih pada suatu tempat, seperti penampungan wadah air pada dispenser, bak mandi atau ditempat-tempat saluran air yang tergenang.

Bertempat di Desa Batuwarno dan Kelurahan Selopuro telah berlangsung penyuluhan PSN 3M Plus Kecamatan Batuwarno. Koramil 06/Batuwarno Peltu Dedi Kurnia bersama 2 anggota Babinsa mendampingi penyuluhan dari Tim Pusekesmas melalui Kepala Kordinator PLKB Kecamatan Batuwarno Sandita Hesti Murti, tentang Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) Sabtu (2/3).

Menurut Sandita, bahwa Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) adalah salah satu cara yang efektif untuk memberantas nyamuk khususnya nyamuk Demam Berdarah Dengue (DBD).

“Kita dapat melakukan upaya-upaya pencegahan, antara lain dengan memutuskan rantai nyamuk penularannya dengan cara PSN yang meliputi pengurasan tempat penampungan air, menutup tempat penampungan dan penguburan barang bekas (3M)”, jelasnya.

“Selama ini upaya efektif untuk mencegah dan mengendalikan penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) adalah dengan pengendalian vektornya, yaitu Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dan Pemeriksaan Jentik Berkala (PJB),” paparnya.

Sementara itu, Peltu Dedi Kurniawan menghimbau kepada seluruh kader desa, untuk terus meningkatkan kebersihan lingkungan, kebersihan selokan, bak dan tempat lainnya yang tergenang air, sehingga nyamuk Aedes tidak dapat berkembang biak.

“Kita harus jaga lingkungan kita ya bu, sampaikan ke bapak-bapaknya untuk turut membantu dalam pencegahan penyakit Demam Berdarah”, pungkasnya.(RedG)

Komentar

Tinggalkan Komentar