oleh

Kawasan Nongsa Tempat Kunjungan Wisman

Batam – Provinsi Kepri menjadi salah satu percontohan untuk kunjungan wisatawan mancanegara yang masuk ke Indonesia. Ada dua daerah yang menjadi pilot project, yakni Kota Batam dan Kabupaten Bintan.

“Khusus di Batam, lokasinya di kawasan Nongsa. Dan statusnya Alhamdulillah zona hijau,” kata Walikota Batam Muhammad Rudi saat memaparkan kesiapan Kota Batam di hadapan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahudin Uno, di Batam View Resort, Sabtu (20/3/2021).

Menurut Rudi, kawasan Nongsa memiliki tiga keunggulan untuk menarik daya wisatawan di antaranya, wisata golf, resort dan juga Kampung Tua. Sehingga diharapkan bisa menjadi pilihan wisatawan untuk datang ke Batam.

Namun, Rudi berpesan kepada seluruh pengelola kawasan pariwisata di Nongsa, untuk benar-benar menerapkan standar oprasional prosedur (SOP). Sebab, hal ini menjadi bagian yang sangat penting dan wajib dilaksanakan.

“Karena kalau sampai ada satu saja kasus, maka ini akan ditutup kembali. Karena itu siapapun yang datang SOP harus dilaksanaka, termasuk saya sendiri,” katanya.

Wali Kota Batam Muhammad Rudi saat menerangkan soal destinasi wisata dan kesiapan atas kunjungan wisman ke Batam (Foto: Istimewa)

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahudin Uno mengatakan, pihaknya juga sepakat dengan apa yang disampaikan Wali Kota Batam, Muhammad Rudi.

Menurut Sandiaga, dengan dibukannya kembali pintu masuk wisawatan mancanegara diharapkan agar pengelola pariwisata di Kepri tidak berevoria yang berlebihan. Sehingga lengah dan tidak menerapkan SOP yang ada.

“Kita harus belajar dari Bali, awalnya dipuji-puji kemudian kasus Covid-19 meningkat dan menjadi urutan nomor tujuh terbanyak di Indonesia,” kata Sandiaga.

Selain itu, Sandiaga juga berpesan, kebijakan pembukaan pariwisata mancanegara ini diharapkan tidak hanya menguntungkan pelaku usaha yang besar saja. Tapi juga harus sampai kepada pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). (RedG/Bayu).

Komentar

Tinggalkan Komentar