Kapten Eko, Tanamkan Wasbang Sejak Dini

Pemalang – Komandan Rayon Militer (Danramil) 01/Pemalang Kodim 0711/Pemalang Kapten Arm Eko Budiraharjo memberikan pembekalan Wawasan Kebangsaan (Wasbang) kepada 380 orang siswa peserta MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) SMK Texmaco Pemalang yang dihadiri juga oleh Kepsek SMK Texmaco Bapak Marzuki, ST., Wakasek kesiswaan Ibu Shinta Kanti H. M.Pd. dan Ketua Panitia MPLS Bapak Ridwan S.Pd., bertempat di Aula SMK Texmaco Pemalang pada Selasa (17/07/18).

Dalam kesempatan tersebut, Danramil 01/Pemalang Kodim 0711/Pemalang Kapten Arm Eko Budiraharjo menjelasakan, tentang Pancasila dan Ke-Bhinneka Tunggal Ika-an serta tiga unsur pokok Wasbang yaitu Rasa Kebangsaan, Paham Kebangsaan, dan Semangat Kebangsaan.

Dalam penjelasannya lebih lanjut Danramil menyampaikan Rasa kebangsaan adalah dorongan emosional untuk selalu bersatu dan bersama, senasib dan sepenanggungan dalam mencapai tujuan nasional.
Paham Kebangsaan adalah jatidiri bangsa Indonesia sebagai bangsa yg memiliki latar belakang keberagaman suku, budaya, dll dengan semboyan Bhineka Tunggal Ika, berbeda tetapi tetap satu dalam mencapai tujuan nasional, bersatu kita teguh bercerai kita runtuh, mengokohkan persatuan dan kesatuan dalam mencapai cita-cita bangsa Indonesia Masyarakat yang adil dan makmur.

Sedangkan Semangat Kebangsaan adalah perpaduan dari rasa dan paham melahirkan loyalitas tertinggi sehingga muncul semangat untuk membangun dan menangkal setiap ancaman yg menghalangi proses Pembangunan Nasional.

Kebersamaan dan keakraban antara peserta siswa baru dan TNI pun sangat terlihat mulai saat pembukaan dan pemberian Wasbang, terkadang Danramil juga sedikit memberikan candaan dan gurauan agar peserta Wasbang tidak jenuh dengan materi-materi yang diberikan.

Usai berikan materi wasbang kepada siswa baru Danramil di hadapan awak media menyampaikan pada situasi yang cukup rentan di usia mereka dengan banyaknya pengaruh globalisasi maka di butuhkan pemahaman tentang Wasbang dan bela negara untuk meningkatkan ketahanan Nasional, sehingga mereka mampu dan siap menghadapi ancaman apapun yang datangnya dari manapun. serta Agar para siswa baru dapat lebih semangat dalam belajar untuk mencapai cita-citanya.dan Siap menjadi penerus estafet kepemimpinan di masa yang akan datang dapat bertanggung jawab kepada dirinya, keluarga, lingkungan dan Bangsa dan negara ini pada saatnya nanti.

Kepala Sekolah SMK Texmaco, Marzuki, ST., juga menyampaikan kegiatan pembekalan wawasan kebangsaan ini merupakan program sekolah, yang diberikan kepada siswa siswi baru tahun ajaran 2018-2019, karena semakin terkikisnya wawasan kebangsaan yang dimiliki oleh generasi muda, yang mendorong pihak sekolah mengadakan kegiatan pembekalan tersebut.(RedG kontributor Candra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *