oleh

Kapolrestabes Surabaya Gagas Gebyar Donor Plasma Darah

Surabaya – Polisi Resort Kota Besar Surabaya (Polrestabes) Surabaya bakal menggelar kegiatan donor plasma darah besar-besaran pada bulan Februari mendatang. Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol Jhonny Edison Isir menjelaskan, pihaknya akan menjadikan bulan Februari sebagai Bulan Gebyar Bulan Donor Plasma Darah di Kota Surabaya.

Hal ini dilakukan sebagai gerakan percepatan untuk memperbanyak stok plasma darah yang akan digunakan untuk terapi plasma konvalesen bagi pasien Covid-19.

“Satgas Covid-19 gelorakan percepatan terkait dengan bagaimana menset-up plasma darah untuk mendorong terapi plasma konvalesen. Ini dalam rangka percepatan, “ tutur Isir ketika ditemui usai divaksinasi tahap kedua di Balai Kota, Jumat(29/1/2021).

Isir berharap ada kolaborasi bersama PMI, Komunitas penyintas Covid-19, komunitas pendonor plasma darah, Reblood, termasuk IDI dan Persi dalam rangka percepatan mendapatkan stok plasma darah.

“Outputnya bank plasma darah di Surabaya bisa ter setup dengan cepat, stok plasma darah di PMI juga selalu ada dan meningkat jumlanya, sehingga bisa dimanfaatkan pasien Covid-19 dalam kondisi kritis, kondisi berat maupun dalam kondisi sedang, “jelasnya.

Isir juga menambahkan bahwa program Gebyar Donor Plasma Darah tersebut terinspirasi dari pengalaman India. Ia menyebut India berhasil menangani virus Covid-19 melalui penerapan terapi plasma konvalesen.

“India angka positif Covid-19 mencapai 3 juta orang, namun proporsi kematian dibawah 1 persen karena salah satunya gencar terapi plasma darah, “pungkasnya. (bee)

Komentar

Tinggalkan Komentar