oleh

Kapolres Tanjabtim Tinjau Kesiapan Posko AJU Karhutla di Desa Air Hitam

Tanjab Timur – Menempuh perjalanan selama empat jam menggunakan speed boat, rombongan Kapolres Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim) AKBP Deden Nurhidayatullah bersama personil gabungan BKO Polda Jambi dan Korem 042/Garuda Putih (Gapu), meninjau langsung Posko AJU Karhutla (Kebakaran Hutan dan Lahan) Desa Air Hitam, Kecamatan Sadu, Kabupaten Tanjabtim, Minggu (28/2/2021).

Dalam arahannya AKBP Deden Nurhidayatullah kepada personil yang melakukan pengamanan di Pos Aju 3 Mitigasi Karhutla di wilayah Kecamatan Sadu Kabupaten Tanjab Timur, agar personil paham dan kuasai 3 hal penting, yaitu sasaran mapping lokasi rawan, kerawanan faktor alam dan masyarakat. Lalu cara bertindak dengan melakukan sambang dan sosialisasi.

Untuk pelaksanaannya di  lapangan, di antaranya yaitu membagikan dan menempel brosur imbauan, lakukan patroli serta Show of force untuk menghilangkan niat masyarakat yang ingin bakar lahan. Serta melakukan koordinasi terpadu dan segera tanggap jika muncul hotspot api kecil, segera padamkan.

Kapolres Tanjabtim berkunjung ke Kantor Taman Nasional Berbak (Foto: Humas Polres Tanjabtim)

Selanjutnya, Kapolres Tanjabtim mengimbau, untuk melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab, hindari potensi bersinggungan dengan masyarakat terutama antar petugas, penggunaan fasilitas sesesuai dengan Protap, disiplinkan diri masing-masing, jauhi pelanggaran.

“Dengan begitu, semoga tugas dapat selesai dilaksanakan dengan baik tanpa ada pelanggaran,” ujar Deden.

Terkait kegiatan yang digelar pada Minggu (28/2), Deden mengatakan, kegiatan itu dalam rangka mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan yang ada di wilayah Kabupaten Tanjab Timur.

“Selain itu, kami juga menimalisir adanya aktivitas penambangan liar yang menyebabkan potensi karhutla,” ujarnya Senin (01/3).

Kapolres juga menambahkan, selain meninjau lokasi karhutla, ia juga berkunjung ke Kantor Taman Nasional (TN) Berbak dan Sembilang. Kapolres disambut oleh Kepala Seksi 2 TN Berbak Sembilang Nur Rachman dan langsung melakukan pengecekan alat pemadam kebakaran (Damkar) yang dimiliki kantor TN Berbak dan Sembilan.

Baca Juga  Dua Pemilik Baby Lobster Illegal senilai Rp 6 Miliar Ditangkap Tim Polda Jambi

“Harapannya, dengan adanya kami turun langsung ke lokasi yang kerap terjadi kebakaran hutan dan lahan ini, maka di tahun 2021 tidak ada lagi karhutla,” tutup Deden. (RedG/Syah).

Komentar

Tinggalkan Komentar

News Feed