oleh

Kapolda dan Kapolres Sambut Kunjungan Jokowi di Kecamatan Jatisrono

Wonogiri- Bertempat di Dusun Tanduran RT 06 RW III, Desa Jatisari,Kecamatan Jatisrono telah dilaksanakan Kunjungan Kerja Presiden RI Ir. H. Joko Widodo dalam rangka penghijauan Desa Jatisari dengan sistem Agroforestry, Sabtu (15/2) pagi.

Hadir dalam acara tersebut Presiden RI Ir. H. Joko Widodo bersama ibu negara Hj. Iriana,Mensesneg Dr. Pratikto, Menteri LH dan Kehutanan Siti Nurbaya, Gubernur Jawa tengah Ganjar Pranowo bersama istri Atiqoh Ganjar Pranowo, Kapolda Jawa tengah Irjen Pol Dr. H. Rycko Amelza Dahniel, M.Si, Pangdam IV Diponegoro Mayor Jenderal TNI Mochamad Effendi, S.Sos., M.Si. dan para Asisten Kasdam,Bupati Wonogiri Joko Sutopo bersama ibu Verawati Joko Sutopo, Kapolres Wonogiri AKBP Christian Tobing, S.IK, M.H, M.Si, Dandim 0728 Wonogiri Letkol inf Imron Masyadi SE, Forkopincam Kecamatan Jatisrono dan tamu undangan lainnya.

Menteri Siti Nurbaya mengatakan bahwa sistem Agroforestry adalah keinginan dari masyarakat Jatisari Wonogiri untuk mengembangkan pembudidayan tanaman/ pohon (tumpang sari sengon dengan jagung) dengan jenis yang di unggulkan yaitu pohon sengon. Adapun jumlah bibit 82.500 bibit sengon dengan masa umur bibit 4 bulan.

“Dalam pelaksanaan nanti akan dikelola olah masing-masing kelompok tani ada ketua kelompok berperan di masing lahan milik masyarakat. Keinginan dari warga akan memproduksi bibit ribuan bibit yang bisa di andalkan dan akan menyangga Sub DAS Bengawan Solo Sub DAS Keduang yang nanti akan bermuara ke sungai Bengawan Solo,” bebernya.

Siti Nurbaya menjelaskan penanganan erosi dan sedimentasi secara holistik sedimentasi Waduk Gajah Mungkur berbasis lahan. Adapun Lokasi tanam masal skema Agroforestary ( tumpang sari sengon dengan jagung) dengan keterangan luas daerah genangan 8.800 ha, luas daerah tangkapan air 135.000 ha.Dengan rata-rata inflow sedimen DAS keduang 1,2 juta m3/tahun (37,5%) rata rata per tahun 3,2 juta m3/tahun.

Baca Juga  Upeti BPNT, Bupati Pemalang : Akan Tindak Tegas

Kapolres Wonogiri AKBP Christian Tobing,S.IK,MH,M.Si menuturkan
Presiden RI meninjau lokasi untuk melakukan penanaman pohon bersama warga, adapun pohon yang di tanam oleh Presiden RI yaitu tanaman vertiver (rumput akar wangi) dan tanaman Porang.

“Pukul 10.45 WIB, Presiden RI melakukan dialog dan foto bersama dengan warga masyarakat. Pukul 11.10 WIB Presiden RI bersama Ibu Negara Hj. Iriana meninggalkan lokasi penanaman. Pukul 11.15 WIB Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya masih singgah di ruang transit kelompok tani untuk melakukan ramah tamah bersama warga, petugas lingkungan hidup dan kelompok tani. Pukul 11.30 WIB Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya meninggalkan lokasi,” bebernya.

Kapolres menambahkan giat pengamanan dilakukan oleh gabungan personil dari Kodim Boyilali, Kodim Sragen, Kodim Karanganyar, Kodim Wonogiri, Polres Wonogiri,Polwan dan Wara Polres dan Kodim Wonogiri, Batalyon 408 Sragen,Den C Brimob Surakarta,Satpol PP Kabupaten Wonogiri dan Dishub Kabupaten Wonogiri.

“Giat pengamanan dipimpin oleh Kasdim 0728 Wonogiri Mayor Inf Nurul Muthahar, S.Ag., M.Pd. selaku Dansubsatgas dan Wakapolres Wonogiri Kompol Adi Nugroho, S.H., S.I.K. selaku Wadansubsatgas. Giat selesai dilanjutkan Apel Konsolidasi yang dipimpin Dansubsatgas,” tegasnya.(red)

Komentar

Tinggalkan Komentar

News Feed