oleh

“Kantor DPRD Pemalang Dikepung Massa” Dalam Simulasi Sispamkota

Pemalang – Dipimpin oleh Kapolres Pemalang AKBP Kristanto Yoga Darmawan, S.I.K, M. Si.,  personel gabungan Polres dan TNI Kodim 0711/Pemalang melaksanakan gladi bersih simulasi sistem pengamanan kota (Sispamkota) dalam rangka pengamanan Pileg dan Pilpres, bertempat di depan kantor bupati Pemalang , Rabu (20/3/2019).

Kegiatan simulasi ini diawali dengan menampilkan situasi aktivitas warga Kabupaten Pemalang, pelaksanaan kampanye yang dihadiri jurkam dari pusat beserta pendukungnya, pelepasan alat peraga kampanye oleh aparat gabungan Satpol PP, TNI dan aparat Kepolisian yang mendapat prores dari massa atas pelepasan alat peraga kampanye tersebut. Tampilan selanjutnya, situasi saat pelaksanaan pencoblosan di TPS, yang terakhir kerumunan massa di kantor KPU yang tidak terima hasil Pemilu dan meminta Pemilu di Kabupaten Pemalang diulang. Dengan kejadian tersebut aparat gabungan TNI-Polri dengan didukung peralatan PHH membubarkan aksi massa.

Latihan simulasi Sispamkota ini merupakan suatu bentuk konsep operasi pengamanan yang telah ditentukan dengan melakukan langkah-langkah koordinasi lintas sektoral. Selain itu, untuk menyesuaikan potensi gangguan kamtibmas yang akan muncul menjelang, pada saat dan pasca pelaksanaan Pemilu 2019.

Kapolres Pemalang mengatakan, sebelum melaksanakan simulasi pihaknya bersama tim gabungan melaksanakan apel bersama di halaman Kantor Bupati Pemalang  yang melibatkan 300 personil gabungan yang terdiri dari Satuan sabhara, Satpol PP, Kodim 0711/Pemalang serta Polres Pemalang dan Polsek setempat.

“Hari ini kami mengadakan gladi bersih dan apel sebelum dilakukannya latihan simulasi sitem pengamanan kota, agar nantinya kegiatan tersebut bisa berjalan dengan lancar,” kata Kapolres

Ia menjelaskan tujuan simulasi tersebut adalah bagaimana cara kerja sistem sistem pengamanan kota dalam mewujudkan keamanan dan ketertiban masyarakat, serta bisa memberikan rasa aman dan nyaman khususnya menjelang masa puncak Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 di Kabupaten Pemalang.

Baca Juga  Menembak Piala Dandim 0711 Pemalang, Cari Bibit Atlit

Kegiatan simulasi sistem pengamanan kota untuk memberikan jaminan keamanan kepada seluruh masyarakat Kabupaten Pemalang, bahwa Polres Pemalang bersama Kodim Pemalang  Satpol PP, KPU, Bawaslu dan seluruh penyelenggara Pemilu 2019 telah siap mengamankan dan mensukseskan pesta demokrasi yang akan digelar pada 17 April 2019 mendatang.

“Mari kita dukung bersama-sama Pemilu agar tercipta situasi aman, sejuk, damai dan kondusif. Sehingga tidak terjadi permasalahan yang akan menimbulkan konflik di masyarakat,” kata Kapolres.

Dalam kesempatan yang sama Komandan Kodim 0711/Pemalang menambahkan, pihak TNI khususnya Kodim Pemalang siap kegiatan ini. Untuk itu, dalam gladi sistem siskamkota harus diperhatikan tahapan peristiwa agar masing-masing personil lebih memahami tugas dan tanggungjawabnya.

“Semoga untuk gladi berikutnya akan lebih baik agar kita dapat benar-benar menjamin keamanan Kabupaten Pemalang dalam pelaksanaan Pemilu nanti,” ujar Dandim. (RedG)

Komentar

Tinggalkan Komentar