oleh

Kampung Madyorejo Siapkan 26 Hewan Kurban

Sukoharjo – Pada Hari Raya Idul Adha yang jatuh pada 10 Dzulhijjah 1439 Hijriyah atau Rabu (22/8/ 2018), jamaah masjid Al-Falah dalam Salat Idul Adha bergabung di Alun-Alun Satya Negara Sukoharjo.

 

Sedangkan pemotongan hewan kurban serta pembagian dagingnya akan dilaksanakan yang digelar takmir Masjid Al-Falah dengan lokasi penyembelihan menggunakan lahan kosong yang berada di jalan agung depan pos kamling lingkup Kampung Madyorejo RT 01/ RW VII, Jetis Sukoharjo.

Pemotongan dan pembagian daging hewan qurban tersebut akan diawali dengan acara seremonial mulai dari laporan ketua panitia, tauziah serta do’a.

“Pada tahun ini, jamaah Masjid Al-Falah menyembelih hewan kurban sebanyak 26 ekor terdiri dari sapi 5 ekor dan kambing 21 ekor,” jelas Wid Hartono dalam laporannya.

Ditambahkannga, hewan kurban, akan disembelih dan dagingnya dibagikan kepada masyarkat yang telah memiliki kupon, termasuk para mukhorib juga ditetibkan memakai kupon, semua ini dilakukan guna mempermudah cara pengambilan serta dapat mengecek daging yang akan dibagikan.

Sementara Sekretaris Kurban Hary Nugroho menuturkan hewan qurban tersebut merupakan sumbangan para mukhorib baik sapi maupun kambing, dengan banyaknya hewan kurban.

“Kami membagikan kurang lebih 500 bungkus untuk warga umum, warga sekitar ‘ selain itu juga disalurkan melalui permohonan sebanyak 19 ekor kambing, dengan catatan sudah disembelih okeh panitia. Hal ini dilakukan untuk menghindari hal-hal yang mungkin disalah gunakan dalam penyaluran dagingnya,” ujar Hary.

Distribusi daging kurban ini telah dirancang dengan sistem kupon yang diberikan kepada kaum dhuafa dan juga melayani permohonan masjid di luar kota Sukoharjo, seperti Gambirmabis Pracimantoro, Pucung Eromoko dan Ngarjosari Tirtomoyo Kabupaten Wonogiri, juga masjid sekitar di wilayah Kecamatan Sukoharjo.

Baca Juga  Penyuluhan Kesehatan di Desa Nguneng

Proses pembagiannya pun diatur dengan jalur antrian dengan menunjukkan kupon baik permohon maupun muchorib, agar dapat berjalan dengan baik dan kondusif, hingga saat ini pemotongan hewan masih berlanjut. (Begug)

Komentar

Tinggalkan Komentar