Mentoring akhir jurnalis warga Belik

Pemalang – Mentoring Plus terakhir bagi Jurnalis Warga Kecamatan Belik Kabupaten Pemalang agak sedikit berbeda dengan sebelumnya, pasalnya setiap Jurnalis Warga harus mampu mengupload di jejaring sosial baik itu di Facebook pribadi, Facebook Group, Twitter. Sebanyak 15 Jurnalis warga dilatih bersama mentor dari Founder jurnalis warga cbmnews.net yang sudah berpengalaman memberikan pelatihan bagi jurnalis warga di beberapa Kabupaten/Kota di Indonesia.

Bertempat di Rumah Makan Zigan jl.Tekek Desa Sikasur Kecamatan Belik Kabupaten Pemalang, mereka mendapatkan ilmu pengetahuan tentang cara menulis berita, mengupload di portal suarawargabelik.com, membagikan berita ke group facebook, dan menginformasikan kegiatan yang dilakukan di media sosial, ini dilakukan untuk melatih mereka agar familier dalam dunia jurnalistik. Minggu (28/1/2018).

Narasumber Bahrul Ulum menyampaikan bahwa JW harus bisa mempublikasikan informasi, pengaduan, promosi, maupun berita seputar suara warga belik.”
Publikasi dilakukan melalui media sosial seperti, FB, Twitter, IG, WA. Karena era sekaran masyarakat cenderung memilih jalur informasi lebih dominan ke media sosial dibanding media cetak,” Ungkapnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Lukmanul Hakim selaku koordinator JW Kabupaten Pemalang, untuk memahami isi dan cara mengirim berita lewat medsos,JW dilatih untuk bisa mengoperasionalkan media sosial dengan bahasa jurnalistik maupun bahasa komunikasi.

Sementara itu, salah satu JW Moesijem mengatakan, awalnya tidak bisa karena pihaknya dianggap tertua pada usianya, namun semangat belajarnya masih tinggi. ” Dengan adanya kegiatan ini saya jadi lebih memahami cara mempublikasikan berita ataupun informasi lewat media sosial,” pungkasnya.(admin)

Tinggalkan Komentar