oleh

Jokowi: Sepanjang Tahun 2021 Bansos hingga Insentif akan Terus Disalurkan

Jakarta – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) memastikan, penyaluran bantuan sosial serta sejumlah insentif lain dari pemerintah kepada masyarakat terdampak pandemi Covid-19 maupun para pelaku UMKM akan terus bergulir di tahun 2021 ini. Pasalnya, bantuan tersebut menjadi bagian dari upaya pemerintah dalam jangka pendek untuk menghadapi masa pandemi Covid-19.

“Akan kita teruskan yang berkaitan dengan bantuan sosial untuk yang tidak mampu. Kemudian yang berkaitan dengan bantuan untuk usaha mikro, kecil, dan menengah entah itu insentif pajak atau bantuan modal darurat,” ujarnya di Istana Negara, Jakarta saat menjadi pembicara kunci dalam Kompas100 CEO Forum Tahun 2021 pada Kamis (21/1/2021).

Selain itu, Jokowi juga menyampaikan, bahwa Pemerintah akan memberikan perhatian bagi masyarakat yang terkena dampak pemutusan hubungan kerja melalui salah satu program pemerintah, Kartu Prakerja.

“Semua program dan upaya tersebut dimaksudkan untuk menjaga daya beli masyarakat, sekaligus membantu meringankan beban yang dirasakan oleh mereka yang terdampak pandemi saat ini,” ungkapnya.

Sementara itu, Presiden juga menegaskan, bahwa kedisiplinan protokol kesehatan masih menjadi strategi utama dalam penanganan pandemi yang juga menjadi upaya jangka pendek pemerintah.

“Bapak-Ibu (CEO) harus berbicara kepada karyawan-karyawannya. Gubernur, bupati, wali kota, camat, lurah, RT dan RW-nya harus berbicara kepada rakyat kita betapa penting yang namanya disiplin terhadap protokol kesehatan. Pakai masker, jaga jarak, selalu cuci tangan,” tuturnya.

Menurut Jokowi, kedisiplinan protokol kesehatan tersebut juga akan diikuti pemerintah pusat dan daerah dengan membenahi persoalan testing, tracing, dan treatment sebagai salah satu bagian dari upaya penanganan di bidang kesehatan.

Terkini dengan program vaksinasi yang saat ini tengah berjalan, Jokowi mengatakan, fokus vaksinasi Covid-19 tahap pertama ini diprioritaskan kepada apara tenaga kesehatan yang ada di seluruh Indonesia.

Baca Juga  Ini Dia Hubungan Partai Garuda dengan Gerindra

“Kita punya kekuatan: 30 ribu vaksinator, kurang lebih 10 ribu puskesmas, dan lebih dari 3 ribu rumah sakit yang bisa kita gerakkan. Kita memiliki puskesmas yang setiap tahunnya juga melakukan imunisasi kepada anak-anak kita,” tandas Jokowi. (ong)

Komentar

Tinggalkan Komentar