oleh

Jokowi: “Enggak Terasa Sama Sekali”

Jakarta – “Enggak terasa sama sekali,” ujar Presiden Joko Widodo (Jokowi), seusai disuntik vaksin oleh dokter kepresidenan. Suntikan vaksin Covid-19 di lengan kanan Jokowi itu, adalah suntikan pertama menandai dimulainyan vaksinasi Covid-19 di Indonesia.

Penyuntikan vaksin itu digelar di Istana Kepresidenan, Rabu (13/1/2021) sekitar pukul 09.42 WIB. Vaksinasinya itu sendiri hanya berlangsung beberapa menit, setelah jarum suntikan dicabut Jokowi pun spontan mengucapkan terima kasih kepada dokter yang menyuntikan vaksin produksi Sinovac itu.

Tentu persiapannya yang memakan waktu, kendati itu pun tak memakan waktu lama. Sebelum vaksin disuntikkan, Jokowi melakukan pemeriksaan kesehatan terlebih dahulu.

Pemeriksaan tekanan darah dilakukan untuk memastikan keamanan dalam vaksinasi. Selain pemeriksaan tekanan darah, Jokowi juga mendapat sejumlah pertanyaan terkait dengan penyakit yang diderita seperti jantung, diabetes, dan ginjal.

Kepala Negara Republik Indonesia itu juga mendapatkan kartu tanda vaksinasi. Hal itu untuk diperlihatkan saat pemberian dosis vaksin kedua yakni 14 hari setelah pemberian dosis pertama.

Setelah divaksinasi, Jokowi menuju ke ruang tunggu untuk peninjauan selama 30 menit. Dalam masa 30 menit tersebut akan dilihat bila terdapat Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI).

Selain Jokowi, terdapat pula Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin yang akan divaksinasi hari ini. Selain Budi ada pula Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Idham Azis yang mendapatkan vaksinasi.

Ada pula tokoh yang ikut mendapatkan vaksiansi perdana dari asosiasi profesi dan tokoh agama. Antara lain adalah Ketua PB IDI Daeng M Faqih, Sekjen MUI Amirsyah Tambunan, dan tokoh dari PB NU.

Sebagai informasi sebelumnya Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) telah memberikan izin penggunaan darurat atau Emergency Use Authorization (EUA) untuk vaksin Covid-19 produksi Sinovac. Selain itu Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) juga telah memberikan sertifikat halal bagi vaksin tersebut. (RedG/Riz)

Baca Juga  50 Ribu Aktivis 98 Bakal Padati Monas

 

 

Komentar

Tinggalkan Komentar

News Feed