Pekalongan – Kepolisian Resor Pekalongan telah menerjunkan personilnya yang tergabung dalam Tim Patroli Cyber untuk memantau aktivitas media sosial yang kemungkinan banyak dimanfaatkan dalam pelaksanaan Pilkada 2020.

“Personil yang tergabung dalam Tim Patroli Cyber ini nantinya akan melakukan pemantauan berbagai aktivitas di media sosial selama pelaksanaan Pilkada 2020,” kata Kapolres Pekalongan AKBP Darno, S.H., S.I.K., Selasa (17/11/2020)

Menurut dia, saat ini teknologi berkembang cepat dan masyarakat semakin mudah mendapatkan berbagai bentuk informasi melalui media sosial. Apalagi di masa pandemi Covid-19 ini kita ketahui teknologi informasi dijadikan media untuk kampanye.

Pola pemanfaatan media sosial (medsos) kemungkinan akan dilakukan para kontestan, tim pemenangan maupun simpatisan guna menarik simpati ataupun menyerang kontestan lain.

“Pola seperti itu saat menjelang pilkada, biasanya akan ada banyak muncul akun media sosial yang tidak jelas identitas pemiliknya dan pada umumnya akun ini juga dipakai untuk membangun narasi negatif guna menyerang dan menjatuhkan lawan, ” katanya.

“Aktivitas akun palsu dan tidak jelas pemiliknya tersebut menjadi perhatian kami, dan tim akan terus memantau aktivitasnya,” katanya.

Untuk itu pihaknya meminta masyarakat bijak dalam menggunakan media sosial, tak hanya bijak dalam berucap namun juga bijak dalam mencerna segala informasi yang beredar di tengah tahapan Pilkada ini, agar masyarakat tidak mudah terjerumus hoax dan ujaran kebencian, ujar Kapolres Pekalongan AKBP Darno. (RedG /Syarifuddin)

Tinggalkan Komentar