Jelang Lomba Kampung Ramah Lingkungan, KKN UPGRIS Ajak Warga Buat POC 

Semarang – Mahasiswa KKN Universitas PGRI Semarang adakan kegiatan sosialisasi dan demonstrasi pembuatan Pupuk Organik Cair (POC) di Aula Musholla As-Salam, RT.08/RW.03, Kelurahan Bambankerep, Kecamatan Ngaliyan, Kota Semarang, Jumat (14/2).

Menjelang lomba Kampung Ramah Lingkungan yang akan dilaksanakan oleh Pemerintah Kota Semarang pada bula April mendatang, sebagai bentuk menyambut lomba tersebut mahasiswa KKN Universitas PGRI Semarang adakan sosialisasi dan demonstrasi pembuatan Pupuk Organik Cair (POC).

Kegiatan tersebut menghadirkan pemateri dosen Universitas PGRI Semarang , Henry Januar Saputra S.Pd, M.Pd., selain dosen ia merupakan penggiat pelestarian lingkungan di berbagai daerah. Turut hadir Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Intan Rahmawati S.Pd, M.Pd.

“Kegiatan oleh mahasiswa KKN ini juga bentuk dari sebuah kepedulian dan rasa tanggung jawab guna mengedukasi warga untuk menggunakan bahan bahan limbah menjadi barang yang berguna dan bermanfaat bagi lingkungan” ujar Intan dalam sambutannya.

Pembuatan Pupuk Organik Cair (POC) relatif sederhana. Alatddan bahan mudah ditemukan, sehingga peserta sangat berminat dalam kegiatan tersebut.

Pupuk Organik Cair (POC) membutuhkan bahan bahan limbah sayur seperti kangkung,bayam, terasi ditambahkan sedikit gula dan air cucian beras dan bakteri EM4 sehingga mudah dibuat dan tidak membutuhkan anggaran yang besar.
Mula mula pemateri menjelaskan tahapan pembuatan dan mahasiswa KKN mendemontrasikkan kepada warga . Kegiatan tersebut medapat apresiasi dari peserta yang aktif bertanya dan memperhatikan cara pembuatan yang dicontohkan oleh mahasiswa KKN Universitas PGRI Semarang

Ari , Pengurus Bank Sampah setempat yang turut hadir dan aktif bertanya dalam kegiatan tersebut berpendapat bahwa kegiatan ini bisa melestarikan lingkungan karena tidak membuang limbah dan bahan bahannya juga dari limbah rumah tangga .(RedG/KKN UPGRIS 2020)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *