oleh

Jaringan 4G vs 5G di Indonesia, Apa Perbedaannya?

Jakarta – Apakah Anda tahu perbedaan jaringan 4g vs 5g ? Keduanya menandakan jaringan cepat untuk seluler. Secara umum bisa disimpulkan kalau 5g lebih baru dan lebih cepat dari 4g. Tapi sebenarnya kedua jaringan tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing–masing loh, berikut adalah ulasan singkatnya.

Perbandingan Jaringan 4G dan 5G di Indonesia

Indonesia termasuk lambat dalam menerapkan jaringan 5G dibanding dengan negara lainnya. Sekitar tahun 2020, 5G baru diperkenalkan di Indonesia. Jaringan seluler generasi keempat atau kelima dibuat kompatibel dengan ponsel versi terbaru. Kalau ponsel Anda masih 4g, maka Anda perlu mengganti ponsel untuk bisa menangkap jaringan 5g. Berikut adalah perbedaan antara kedua jaringan tersebut.

1. Generasi Jaringan

Antara jaringan 4G vs 5G manakah yang akan Anda pilih? Mulai dari 1G, 2G dan 3G, jaringan generasi terbaru yang digunakan saat ini adalah 4G dan yang baru saja diluncurkan 2020 lalu jaringan 5G. Keduanya adalah generasi jaringan untuk konektivitas ponsel.

Hal yang sangat berbeda dari 4G dan 5G adalah generasi keluarnya. Jaringan 4G lebih lama dan 5G lebih baru yang juga berarti tidak terlalu cepat dan juga handal. Tetapi kalau Anda menginginkan teknologi paling canggih di era sekarang maka jaringan 5G adalah pilihannya.

2. Perbedaan Kecepatan

Sudah bisa ditebak, 5G pasti memiliki kecepatan yang lebih besar daripada jaringan 4G. Kalau Anda mengira perbedaannya tidak terlalu signifikan, tentu saja Anda salah besar. Jaringan 5G dengan internet bisa terhubung dengan kecepatan yang besar.

5G berarti kecepatan 1 Gbps yang berarti 1.000 Mbps, jika dibandingkan dengan 4G yang hanya mencapai 100 Mbps tentu memiliki rentang yang cukup jauh. Di daerah padat orang, 5G bisa sampai 500 Mbps dan 4G hanya 30 Mbps. Pada kondisi normal, 4G bisa sampai 100 Mbps dan 5G sampai 10Gbps.

3. Kapasitas

Dilihat dari segi kapasitas jaringan 4g vs 5g, yang terbaru memiliki cakupan yang lebih. Kalau Anda memiliki ponsel untuk berbagai keperluan seperti mendengarkan musik, browsing, dipasangkan aplikasi dan lain sebagainya, jaringan 5G menampung kapasitas yang lebih besar.

Baca Juga  Produk Perbankan Menuju Kodim Brebes

Tentu ponsel yang bisa memuat banyak juga berarti tergantung ponsel dan produsennya. Semakin besar kapasitas untuk menyimpan lagu, file, aplikasi dan lain bisa juga berarti harganya lebih mahal.

4. Sinyal WiFi

4G memakai frekuensi radio pita tinggi untuk mendapatkan sinyal jaringan Wi-Fi yang stabil. Jaringan 5g memakai jaringan diatas nirkabel 4G dengan teknologi baru dan frekuensi pita radio yang lebih luas.

Menara atau pemancar 5G lebih banyak antena dibandingkan menara atau pemancar 4G. Hal ini menandakan kecepatan dan respon yang jauh lebih cepat. Jaringan Wifi akan bisa dinikmati pada genggaman ponsel dengan kecepatan yang lebih tinggi.

5. Latency

Ketika membandingkan antara speed jaringan ponsel, perlu juga diketahui berapa besar hambatannya. Kalau Anda bertanya–tanya apa itu latensi, Ada perlu tahu kalau itu merupakan waktu yang dibutuhkan untuk satu titik berpindah ke titik yang lain.

Latensi memberikan gambaran tingkat kelambatan dari suatu ponsel sesuai jaringan yang kompatibel. Oleh karena itu, semakin dekat dengan angka 0 maka semakin baik. 5G sudah kian dekat dengan angka 0 dibandingkan 4G.  Jadi dapat disimpulkan, bukan? Mana jaringan yang memiliki aksen paling baik sekarang!

6. Kesediaan Infrastruktur

Jaringan 4G vs 5G membutuhkan menara dan pemancar agar dapat mengunduh file dengan cepat dan aktivitas sejenisnya. Kekurangan terbesar dari 5g adalah infrastrukturnya tidak sebanyak 4G. Walaupun dengan berjalannya waktu, hal ini bisa terselesaikan dengan sendirinya. Tapi tentu saja hal ini akan memakan waktu yang tidak sebentar.

Jadi, jaringan 5G bisa diterima dekat pemancar yang ada. Penyebarannya belum seluas infrastruktur dari 4G. Untuk sementara, 5G baru bisa dinikmati di kota–kota besar seperti Jabodetabek. Kalau 4G lebih luas karena sudah lebih dahulu digunakan.

7. Ponsel Pendukung

Ketika ada jaringan baru maka ponsel yang mendukung juga dibuat. Pada ponsel dengan kapasitas jaringan 4G vs 5G, Anda memiliki beberapa pilihan ponsel yang dapat dibeli. Opsi ponsel 5G ada IPhone 12, OnePlus 8 Pro 5G, Samsung Galaxy S20 Plus 5G, dan juga Samsung Galaxy A71 5G.

Baca Juga  Tekan Angka Inflasi, Kapolresta Jambi bersama Pj Walikota dan Dandim 0415 Jambi Hadiri Gerakan Ayo Menanam Kota Jambi 2024

Kalau ponsel yang menunjang jaringan 4G terdapat lebih banyak dibandingkan ponsel dengan jaringan 5G karena sinyalnya sudah biasa digunakan dalam jangka waktu yang lebih lama. Pilihan ponsel yang 4g adalah Samsung Galaxy A22, Samsung Galaxy Note 8, Oppo A37, Infinix Smart, Sony XZ1 dan masih banyak lagi.

8. Keamanan

Meski jaringan 5g dalam beberapa hal lebih unggul, mulai dari kecepatan, latensi dan lain sebagainya, tetapi setiap jaringan pasti memiliki kekurangan masing-masing. Pemakaian 5G disinyalir dari berbagai sumber bisa bahaya karena tingkat radiasinya yang tinggi. Hal ini juga dibantah oleh para ahli lainnya yang menyatakan pemakaian 5G tetap dalam batas aman untuk dipakai.

9. Kecepatan Transfer

Jaringan 5G diperkenalkan sebagai teknologi yang lebih cepat untuk koneksi dan juga transfer data. Jadi bisa dibayangkan kalau kecepatan pengunduhan di sana sangatlah cepat. Dalam hal ini, contoh yang dapat dilihat mulai dari file besar, video panjang sampai gambar berukuran besar bisa diunduh dalam waktu yang lebih cepat dibandingkan jaringan 4G.

Itulah beberapa perbedaan antara jaringan 4G vs 5G yang perlu Anda ketahui sebelum membeli ponsel. Ada banyak ponsel yang mendukung 4G dan yang kompatibel dengan jaringan 5G. Salah satunya adalah vivo y75 5g. Anda bisa membelinya melalui situs atau aplikasi Blibli.

Smartphone vivo y75 sudah bisa menerima jaringan 5G yang cepat dan juga handal. Anda bisa membuka aplikasi Blibli dan mencari smartphone 5G pada bagian kategori elektronik. Ada banyak pilihan ponsel yang bisa Anda beli dari Blibli. Yuk, unduh aplikasinya segera dan temukan ponsel vivo y75 yang Anda idam–idamkan di toko online terpercaya, Blibli.com.(RedG)

Komentar

Tinggalkan Komentar