oleh

Jaga Kebersihan Sejak Dini

Semarang – Mahasiswa KKN UPGRIS 2020 melakukan kegiatan penyuluhan kebersihan tangan dan gigi di SD Negeri Tambakrejo 02 dan SD Al Fattah Semarang, Jum’at (31/01).

Kegiatan tersebut dilakukan untuk memberi edukasi kepada siswa SD tentang pentingnya menjaga kebersihan tubuh, terutama kebersihan tangan dan gigi. Antusiasme siswa dalam mengikuti kegiatan tersebut terlihat begitu jelas dengan kesiapan mereka membawa perlengkapan kebersihan seperti sikat gigi dan gelas.

Penerjunan mahasiswa KKN UPGRIS 2020 di lingkungan masyarakat dimaksudkan supaya mahasiswa dapat berkontribusi langsung dalam meggerakkan masyarakat. Seperti yang dilakukan mahasiswa KKN UPGRIS 2020 di Kelurahan Tambakrejo, Kota Semarang. Berbagai program kerja dirancang untuk membentuk kesadaran masyarakat dalam membenahi tatanannya di beberapa bidang, yaitu bidang kesehatan, pendidikan, kewirausahaan, dan lingkungan.

Salah satu program kerja yang dilaksanakan oleh mahasiswa KKN UPGRIS 2020 di Kelurahan Tambakrejo adalah bidang kesehatan dengan mengadakan penyuluhan kebersihan tangan dan gigi kepada siswa SD. Selain berkaitan dengan bidang kesehatan, kegiatan tersebut juga berkaitan erat dengan bidang pendidikan karena dapat mengedukasi siswa tentang pentingnya menjaga kebersihan tangan dan gigi. Seperti halnya yang diungkapkan oleh Septi (21) selaku penanggungjawab bidang kesehatan KKN UPGRIS 2020 “Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini untuk memberi pengetahuan dan wawasan bagi siswa tentang cara menggosok gigi dan mencuci tangan yang benar. Karena mayoritas siswa belum tau cara menggosok gigi dan cuci tangan yang benar.”

Selain mahasiswa KKN penanggungjawab bidang, respon positif pun tampak dari kepela Sekolah dan siswa yang terlibat dalam kegiatan tersebut. Menurut guru pengampu kelas 1, kegiatan tersebut sangat bermanfaat dan dapat memberi contoh baik bagi siswa, terutama siswa kelas 1 yang belum memahami pentingnya menjaga kebersihan tangan dan gigi.
Tempat pelaksanaan kegiatan dilakukan di SD Negeri Tambakrejo 02 dan SD Islam Al Fattah Tambakrejo, Semarang. Kegiatan dilaksanakan di halaman sekolah dan diikuti oleh 30 siswa dari SD Negeri Tambakrejo 02 dan 30 siswa dari SD Islam Al Fattah Tambakrejo, Semarang. Sasaran kegiatan ialah siswa SD Kelas 1, alasannya karena siswa kelas 1 dirasa belum memahami tentang materi, cara dan praktik cuci tangan dan gosok gigi yang benar.

Baca Juga  Belajar Wirausaha, Prodi PGMI KKL di SDN Sarirejo Kartini Semarang

Keterbatasan waktu tak menjadi kendala bagi mahasiswa dalam melaksanakan kegiatan tersebut meski kegiatan tersebut dilakukan pada hari pendek, yaitu hari Jumat (31/01). Kegiatan terlaksana dengan lancar dan tertib. Antusiasme siswa begitu tampak, berbagai persiapan pun telah dibawa dari rumah seperti sikat gigi dan gelas. Tak hanya dari siswa, mahasiswa KKN UPGRIS pun telah mempersiapkan berbagai meteri dan perlengakapan seperti ember, gelas, sikat gigi, pasta gigi khusus anak, dan sabun cuci tangan
Diharapkan ke depannya nanti kegiatan tersebut dapat bermanfaat bagi guru dan siswa. Diharapkan guru mampu mengajarkan kebersihan kepada peserta didiknya. Diharapkan pula siswa mampu menerapkan cara menjaga kebersihan gigi dan tangan dalam kesehariannya dan menularkan ilmu barunya dalam lingkungannya, baik lingkungan keluarga maupun lingkungan sekitarnya.(RedG/K. Fadhilla)

Komentar

Tinggalkan Komentar

News Feed