oleh

Jadilah Pengusaha Sebelum Jadi Sarjana

Surabaya – Himpunan Mahasiswa Pengusaha Indonesia Surabaya dan Jawa Timur mengadakan Seminar Nasional dan Deklarasi Himapindo Surabaya dan Jawa Timur  di gedung Pasca sarjana K10 Universitas Negeri Surabaya Ketintang, Sabtu (22/9/2018)

 

Dalam kegiatan tersebut dihadiri Budiyanto,S.Pi Selaku ketua Umum HIMAPINDO, Perwakilan dari Polda Jatim Bidang BUJP dan Satpam serta Ir. Fardi Utomo dari DPR RI. Seminar tersebut dihadiri setidaknya 300 peserta dari beberapa  kampus di Surabaya dan Jawa timur dan ikut pula dalam Deklarasi HIMAPINDO Surabaya dan Jawa Timur.

Pada sesi pertama Ir. Fardi Utomo menjelaskan bagaimana mempersiapkan diri menuju  “Indonesia Emas 2045”. Materi yang dipaparkan antara lain  konsistensi Demokrasi, Civilation maju dan berkarakter , serta Ekonomi yang kuat dan berkeadilan .

Fardi menjelaskan bahwa kalau ingin memulai usaha ada 3 syarat penting diantaranya Teman, Laboratorium (Tempat ), Mentor. Selain itu, ia juga menyatakan kepada HIMAPINDO  agar  menjadi pengusaha bukan karena keterpaksaan tetapi karena kesadaran diri untuk menjadi pengusaha.

Dalam sesi kedua yang disampaikan oleh Polda Jawa Timur dalam hal ini dari bidang BUJP dan Satpam, yang mengajak para mahasiswa untuk mencoba salah satu bidang usaha yaitu pengamanan / satpam . Karena Usaha ini juga cukup potensial khususnya di Jawa Timur. Ia   menjelaskan mengenai alur pengajuan perizinan pembukaan usaha pengamanan bagi para mahasiswa yang hadir apabila berminat untuk mendirikan usaha tersebut.

“Menjadi pengusaha bukan hal yang sulit, karena menjadi sarjana jauh lebih sulit. Salah satu caranya sering-seringlah berkumpul dengan pengusaha agar mindsetnya juga tertanam jiwa wirausaha dan HIMAPINDO berkomitmen dan berkonsentrasi dalam membentuk karakter mahasiswa dalam hal kewirausahaan. Beliau juga menegaskan dalam memulai usaha buang jauh perasaaan “takut ” memulai usaha.

Baca Juga  Peduli Bencana, Wali Kota Eri Cahyadi Kirim Bantuan ke Kabupaten Probolinggo

Dengan tetap memberi semangat “Menjadi Pengusaha sebelum Sarjana” Kata Budiyanto, S.Pi selaku Ketua Umum  mengatakan dalam materi pada sesi yang ke tiga

Lebih lanjut lagi ,terdapat tujuh komponen yang akan dikombinasikan oleh HIMAPINDO sebagai mitra jaringan kerja sama diantaranya adalah Mahasiswa, Kampus, Pengusaha, Notaris, Perbankan, Pemerintah Pusat/Daerah, Konsultan Pajak/ Keuangan. Tidak ada pilihan terbaik bagi mahasiswa saat ini kecuali mempersiapkan diri menjadi pengusaha. Dalam pemaparannya pula beliau juga menjelaskan mengenai visi dan misi serta bagaimana tahap-tahap menjadi anggota di HIMAPINDO.(RedG kontributor Anang Fauzi)

Komentar

Tinggalkan Komentar