Wonogiri- Cuaca panas tidak menurunkan semangat warga Kecamatan Sidoharjo dalam mengikuti karnaval dalam rangka HUT RI ke 73, Minggu (19/8) . Mengambil start di Lapangan Lambau, Lingkungan Jarum, Kelurahan Kayuloko dan finish di Lingkungan Bendungan,Kelurahan Kayuloko ribuan peserta tampil menghibur warga yang memadati sepanjang jalan tersebut.

 

Mereka mewakili desa/kelurahan ataupun instansi. Sejumlah potensi ditampilkan baik kesenian daerah maupun produk unggulan daerah setempat.

Setelah sampai di panggung kehormatan yang terletak di depan pasar hewan mereka menampilkan atraksi selama maksimal 5 menit yang dinilai oleh tim juri.

Hadir dalam panggung kehormatan Camat Sidoharjo Mulyono, Kapolsek AKP Sumitro, Danramil Kapten Hengky Nurcahyadi, tokoh masyarakat Suparno Parnaraya, General Manager Istana Parnaraya Endang Istriningsih, Kepala SMAN 1 Sidoharjo Dr Uswatun Hasanah dan tamu undangan lainnya.

Suparno Parnaraya tokoh masyarakat Kecamatan Sidoharjo menjelaskan pihaknya merasa bangga karena bisa berpartisipasi dalam acara karnaval peringatan HUT RI ke 73 yang diselenggarakan di Kecamatan Sidoharjo tersebut.

Suparno berharap kegiatan tersebut akan membawa semangat baru bagi Tim Istana Parnaraya dalam upayanya memberikan inspirasi kepada masyarakat.

“Semoga semakin memberikan inspirasi pelayanan dalam membantu pemerintah dalam hal pemberdayaan masyarakat dan menyantuni kaum lansia,” jelasnya.

Suparno menambahkan dalam karnaval tersebut pihak Istana Parnaraya menurunkan 6 buah mobil koleksinya guna meramaikan kontingen Desa Kebonagung.

“Ada 6 mobil termasuk dua koleksi terbaru yakni sedan Volvo tua dan VW Safari,” tegasnya.

Mulyono ,Camat Sidoharjo mewakili pihak Forkompinca menuturkan karnaval dalam rangka HUT RI ke 73 tahun ini lebih semarak dan antusias dalam mengenang kemerdekaan Republik Indonesia.

“Informasi yang kami dapatkan dari panitia dan tokoh masyarakat mengatakan karnaval tahun ini lebih ramai dari tahun lalu,” katanya.

Mulyono menerangkan sebanyak 18 kontingen berpartisipasi dalam karnaval tersebut, dengan jumlah peserta tiap kontingen antara 250 sampai 500 orang.

Terkait hasil penilaian dewan juri terhadap para kontingen, dia mengatakan bahwa akan seger dilakukan oleh panitia.

“Kontingen yang meraih juara akan mendapat piala dan uang pembinaan akan segera kami umumkan,” ungkapnya.

Sulardi Kepala Kantor Kesbangpol Kabupaten Wonogiri mengatakan pihaknya sangat mengapresiasi dengan partisipasi seluruh lapisan masyarakat Kecamatan Sidoharjo yang tumpek blek memenuhi sepanjang jalan yang menjadi rute karnaval tersebut.

“Sangat surprise dengan semangat masyarakat Kecamatan Sidoharjo berperan aktif dalam karangka Sesarengan Mbangun Wonogiri dibawah kepemipinan Pak Jekek mewujudkan keadaan yang aman baik dan sukses,” katanya.

Sementara Kepala SMAN 1 Sidoharjo Uswatun Hasanah menjelaskan karnaval diikuti oleh Dinas Pendidikan dari jenjang SD sampai SMA/SMK.

Dijelaskannya, SMAN 1 Sidoharjo menempati nomer urut 7 dengan jumlah peserta sebanyak 189 peserta yang terdiri dari guru,murid dan karyawan.

“Tema yang kami usungĀ  adalah pertanian, kesehatan,mistik, batik karnival. Nuansa budaya kental terasa melalui atraksi tari tradisional Kethek Ogleng dan Tari Kipas,” bebernya.

“Pawai ini mengandung nilai sejarah yang tinggi sekaligus upaya memperkenalkan budaya dan produk lokal unggulan,” tutupnya. (RedG)

 

Tinggalkan Komentar