oleh

ISI Surakarta Siap Bersaing Babak Final GEMASTIK XIII 2020 Kemendikbud

Solo-Kompetisi tahunan yang digelar oleh Puspresnas (Pusat Prestasi Nasional ) Kemendikbud ini sebagai momentum yang tepat untuk mendorong semangat mahasiswa di era Revolusi Industri 4.0 untuk berkompetisi menciptakan inovasi dalam memecahkan permasalahan yang ada.

Asmoro NP, S,Sn., M.Sn. selaku Kaprodi DKV FSRD ISI Surakarta mengatakan event resmi tingkat nasional ini dengan tajuk Pagelaran Mahasiswa Nasional bidang Tekonologi Informasi dan Komunikasi (Gemastik) ini merupakan program untuk meningkatkan kualitas peserta didik, sehingga mampu mengambil peran sebagai agen perubahan dalam memajukan TIK dan pemanfaatannya di Indonesia.

“Prestasi tahun ini, ISI Surakarta mampu meloloskan ketiga tim yang berasal dari dua prodi yaitu Prodi DKV dan Prodi FTV FSRD ISI Surakarta yang mengangkat tema teknologi dapat melihat kehidupan masyarakat sekitar sesuai tema GEMASTIK XIII yaitu “Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Indonesia Maju”,” katanya.

Dikatakannya, tiga tim mahasiswa yang kesemuanya dari FSRD ISI Surakarta tersebut berhasil lolos seleksi sebagai 20 (dua puluh) besar Finalis Bidang Lomba Animasi di GEMASTIK XIII Tahun 2020.

“Prodi Desain Komunikasi Visual (DKV) menyertakan 2 (dua) tim yang lolos yaitu tim bernama Unbreakaballs dan Lixocan Wagons. Tim pertama Unbreakaballs beranggotakan Muhammad Shafrizal Fajar Maulana, Rahel Olivia Chandra Estoni Putri, dan Bagas Aji Mahardika (angkatan 2017) dengan judul karya animasi Topeng Kaca,” jelasnya.

Sedangkan tim kedua, bernama Lixosan Wagon dengan anggota Ixora Latifolia Binersa, Liliana Kitty Sozanolo Harefa (Angkatan 2018), dan Ihsan Akbar Mutaqin (Angkatan 2017) dengan judul karya Kaditu Kadieu, dimana kedua tim tersebut dibimbing oleh Rendya Adi Kurniawan, S.Sn., M.Sn selaku Dosen Prodi DKV FSRD ISI Surakarta.

Sedangkan dari Prodi FTV (Film dan Televisi) menyertakan satu tim, yaitu Caniva dengan judul karya Everything Can Be Connected dengan anggota tim, yaitu Dewa Dika Saputra dan Wahyu Noegroho (Angkatan 2019) dibimbing oleh NRA Candra DA, S.Sn., M.Sn selaku Dosen Prodi FTV FSRD ISI Surakarta.

Baca Juga  Latganda Semata PK TNI AU Angkatan Ke-79 Di Pacitan di Tutup

Tim dari ISI Surakarta akan bersaing dengan tim mahasiswa dari perguruan tinggi seluruh Indonesia yang sudah melakukan persiapan tim untuk materi finalisasi karya animasi, desain poster, media presentasi, konsep, dan aspek lainnya sudah maksimal. Dimana tahapan pembimbingan dari proses awal pencarian ide, pemilihan karakter, pra dan paska produksi, editing, sampai tahapan finishing karya animasi.

“Ketiga tim animasi ini akan bersaing dengan 20 tim lainnya dimana, babak Final bersamaan dengan 10 (sepuluh) bidang lomba lainnya di puncak kegiatan GEMASTIK XII yang diselenggarakan pada hari Rabu – Jumat tanggal 20 – 23 Oktober 2020 di kampus Universitas Telkom, Bandung dimana tahun ini babak final diselenggarakan secara daring karena masih di masa wabah Covid-19,” lanjutnya.

Ditambahkannya, bahwa keikutsertan dan prestasi yang diraih ini sangat membanggakan sebab sebagai bukti kompetensi mahasiswa seni dapat dan mampu bersaing dengan mahasiswa dari perguruan tinggi lainnya, khususnya di bidang teknologi, informasi, dan komunikasi.

 

Komentar

Tinggalkan Komentar