oleh

Investasi Proyek Infrastruktur Berskema KPBU pada 2022 Capai Rp 239,5 T

Jakarta – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR) mengindikasikan, setidaknya akan ada 35 proyek infrastruktur berskema kerja sama pemerintah dengan badan usaha (KPBU). Total investasi yang diserap dengan skema KPBU pada 2022 diprediksi setidaknya mencapai Rp239,5 triliun.

Direktur Jenderal (Dirjen) Pembiayaan Infrastruktur Kementerian PUPR Eko D. Heripoerwanto mengatakan, bahwa KPBU yang disiapkan pada tahun depan hanya KPBU yang akan melakukan financial close selambatnya pada 2024.

“Kementerian PUPR tidak mau meninggalkan pekerjaan-pekerjaan fisik yang mangkrak pada 2024. Untuk KPBU pada 2024, setidaknya sudah dilakukan financial close dan tinggal konstruksi,” katanya dalam rapat dengar pendapat bersama Komisi V DPR, Rabu (9/6/2021).

Eko mencatat infrastruktur bidang jalan dan jembatan, memiliki jumlah proyek dan nilai proyek terbanyak yakni 12 proyek senilai Rp143,52 triliun. Ke-12 proyek tersebut terdiri atas 11 proyek jalan tol dan 1 proyek jembatan.

Secara terperinci, 7 proyek dengan estimasi investasi Rp86,62 triliun dalam tahap transaksi 3 proyek senilai Rp45,4 triliun di tahap studi bisnis, dan 2 proyek senilai Rp11,5 triliun di tahap studi pendahuluan.

Adapun, 11 dari 12 proyek jalan dan jembatan yang dimaksud adalah jalan tol Pagatan – Batulicin, Singkawang – Mempawah, Batulicin – Tanah Grogot, Pejagan – Cilacap, Cilacap – Yogyakarta, Demak – Tuban, Ngawi – Bojonegoro -Babat, Pakuhaji  – Bandara Soekarno Hatta, Kediri – Tulung Agung, jalan Trans Papua, dan Jembatan Suramadu.

Proyek infrastruktur SPAM Karian Serpong diminati 8 calon investor (Foto: Istimewa)

Sementara itu, setidaknya akan ada 10 proyek KPBU dalam membangun infrastruktur sumber daya air (SDA).

Sejauh ini, baru enam proyek dalam tahap transaksi yang baru memiliki estimasi investasi atau senilai Rp9,4 triliun. Tiga proyek yang dalam tahap studi bisnis dan satu proyek dalam studi pendahuluan masih dihitung estimasi investasinya.

Baca Juga  Kemenkumham Terima BMN Berupa Rumah Pegawai dari Kementerian PUPR

Proyek KPBU infrastruktur SDA adalah Saluran Pembawa Air Baku (SPAB) Kedunglanggar, Kuwil, Sidan, Karian Barat, SIstem Penyediaan Air Minum (SPAM) Ayung I, Karian Barat, Daerah Irigasi Karangnongko, PLTM Bintang Bano, Bendungan Merangin, dan Bendungan Bodri.

Pada bidang infrastruktur permukiman, setidaknya akan ada tujuh proyek KPBU dengan estimasi investasi hingga Rp24,3 triliun. Ketujuh proyek tersebut adalah Tempat Pemrosesan AKhir (TPA) Regional Magelang, SPAM Karian Serpong (sisi hilir), SPAM Batang, SPAM Regional Petanglong, SPAM Jatiluhur II, SPAM Regional Sarbagikung, dan PSEL Sarbagita. (RedG/Riz)

Komentar

Tinggalkan Komentar