oleh

INISNU Harus Perkuat Inklusivisme dan Moderasi Beragama

Temanggung – Direktur Direktorat Pendidikan TInggi Keagamaan Islam (Diktis) Kemenag RI Prof. Dr.Suyitno,M.Ag dalam kegiatan saresehan Internalisasi Moderasi Beragama di PTKI di kampus Institut Islam Nahdlatul Ulama (INISNU) Temanggung, Kamis (25/11/2021) menegaskan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam perlu mengimplementasikan inklusivisme dan moderasi beragama dalam Tri Darma Perguruan Tinggi. Nilai-nilai kemanusiaan menjadi dasar untuk terus membangun komunikasi lintas agama agar keharmonisan antarpemeluk agama tetap terjaga.

Ditegaskan bahwa moderasi beragama dapat diimplementasikan melalui tiga fungsi pendidikan, pengabdian kepada masyarakat dan penelitian.

“Pertama untuk membangun inklusivisme kampus perlu dalam pendidikan perkuliahan ada insersi kurikulumnya, memasukkan moderasi dalam matakuliah yang relevan,” tegas Prof.Suyitno.

Kampus perlu memperkuat tasamuh (toleransi) untuk memanusiakan manusia, persolan keyakinan adalah bersifat personal dan secara publik perlu membangun komunikasi dengan berbagai pihak. Demikian ditegaskan tokoh yang pernah menjabat sebagai Ketua FKUB Provinsi Sumatera Selatan itu.

Kemudian yang kedua dalam kegiatan pengabdian masyarakat harus diarahkan dengan melibatkan sasaran lintas agama untuk membangun persaudaraan dan mengarusutamakan nilai kemanusiaan tersebut.

“INISNU Temanggung sebagai perguruan Tinggi Nahdlatul Ulama perlu mempelopori adanya pengabdian masyarakat yang melibatkan pemeluk lintas agama, agar kampus dapat dirasakan kehadiran dan manfaatnya oleh semua agama,” harapnya.

Selanjutnya, yang ketiga penelitian di kampus juga diarahkan adanya riset kolaboratif, bersama perguruan tinggi lain. “Misalnya Inisnu dengan UKSW Salatiga. Hal ini dapat memperkuat inklusivisme dan moderasi di kampus,“ lanjutnya.

Harapannya ketika ketiga hal itu diterapkan di kampus, akan menjadi pembelajaran yang baik dalam rangka mewujudkan kerukunan antar umat beragama, dan kampus hadir sebagai penggerakannya.

Dalam kegiatan saresehan tersebut hadir seluruh sivitas akademika INISNU Temanggung, Rais Syuriah PCNU , Forkompinda, Kakankemenag dan pengurus BPP INISNU serta tokoh lintas agama.

Baca Juga  Lapas dan Kanim Kuala Tungkal Gelar Donor Darah Sambut HUT Kemenkumham ke 78

Sebelum mengawali kegiatan itu juga dibacakan doa oleh tokoh lintas agama dari FKUB Kabupaten Temanggung. Acara dirangkai juga dengan peresmian Rumah Moderasi Beragama INISNU Temanggung oleh Direktur DIKTIS. (RedG)

  • Penulis : HI
  • Editor : Sarwo Edy

Komentar

Tinggalkan Komentar