oleh

IMPS PGSD UST Berbagai Keberkahan di Panti Asuhan Khodijah

Yogyakarta – IMPS PGSD, lembaga kemahasiswaan di Universitas Sarjana Wiyata Tamansiswa, Yogyakarta, menjalankan kegiatan bakti sosial yaitu sebuah agenda tahunan yang kerap dilaksanakan pada bulan Ramadhan. Tema yang dipakai IMPS PGSD pada bakti sosial tahun ini ialah “Berbagi Rizki di masa pandemi, berbagi berkah di bulan penuh barokah” baru-baru ini.

Kegiatan tersebut dilaksanakan pada waktu setelah ashar. Kegiatan yang pertama yaitu membagikan sembako dan takjil di jalan batikan untuk para tukang becak dan pemulung. Acara yang kedua kita beralih ke panti lalu sampai di panti pun kita melakukan acara sambutan-sambutan yang diisi oleh ketua panitia dan juga ketua panti.

Penyerahan sembako dari ketua panitia. Setelah itu diisi dengan bercengkrama dengan dosen dari PGSD, Ardian Arif, M.Pd. Lalu mereka berbuka puasa bersama dengan kurma dan air mineral yang disediakan dari panti lalu salat Maghrib berjamaah setelah itu pantia kembali ke kampus untuk melaksanakan buka bersama panitia

Menurut penuturan Rahmawati wibawa selaku ketua IMPS PGSD menyatakan bahwa alasan mengapa imps mengadakan bakti sosial di bulan ramadhan serta pada masa peralihan pandemi seperti sekarang

“Di bulan Ramadhan tahun ini, dunia masih berperang melawan pandemi COVID-19. Penyakit yang disebabkan virus corona SARS-CoV-2 ini telah merenggut lebih dari enam juta jiwa di seluruh dunia dan menginfeksi puluhan juta jiwa lainnya. Dampak pandemi COVID-19 tak hanya membuat kehilangan orang-orang terkasih untuk selamanya, namun juga memukul berbagai sendi kehidupan salah satunya dalam perekonomian. Bulan Ramadhan merupakan kesempatan besar sekaligus menjadi acuan bagi seluruh umat muslim untuk kembali meningkatkan kuantitas dan kualitas dalam beribadah. Pada bulan Ramadhan, seluruh umat muslim belajar untuk ikut merasakan penderitaan orang-orang yang kurang beruntung dalam memenuhi kebutuhan hidupnya dengan menahan lapar dan dahaga selama 30 hari penuh dan sikap saling berbagi. Dengan berbagi, maka setiap orang bisa meningkatkan rasa empati dan kepeduliannya terhadap keadaan orang-orang disekitarnya yang belum beruntung. Sebagai bentuk rasa peduli kami akan keadaan sekitar, maka sebagai generasi muda mengadakan sebuah bentuk kegiatan yang dapat berguna bagi masyarakat sekitar yaitu bakti sosial. Dengan tujuan membangun rasa kepedulian mahasiswa, sebagai wadah untuk menjalin silaturahmi antara seluruh mahasiswa Jurusan PGSD UST dan menumbuhkan rasa persaudaraan, kerja sama sebagai pemeliharaan asah, asih, asuh serta berbagi kebahagiaan kepada anak-anak panti asuhan Khodijah, tukang becak, pemulung, dan masyarakat yang membutuhkan,” tutur Rahmawati wibawa selaku ketua IMPS PGSD.

Baca Juga  Jokowi Tinjau Acara Vaksinasi di MAJT dan Gedung Gradhika Bhakti Praja

Mengenai tema bakti sosial IMPS PGSD  “Berbagi Rizki di masa pandemi berbagi berkah di bulan penuh barokah”, Laras Meila Kartika Sari selaku ketua pelaksana kegiatan bakti sosial memberikan penjelasan mengapa tema itu yang diambil.

“Bakti sosial yang di laksanakan imps PGSD pada tanggal 23 April 2022 kemarin bertemakan berbagai Rizki dimasa pandemi berbagi berkah di bulan penuh barokah yaitu ya karena pada saat ini Indonesia masih dalam masa pandemi dalam artian covid 19 juga belum 100% dinyatakan hilang  jadi ya mungkin dalam segi perekonomian ataupun yang lain masyarakat Indonesia khususnya Yogyakarta ada sebagian yang merasakan dampak tersebut maka dari itu kami mengambil tema yang ada unsur pandeminya. Selain itu bakti sosial ini di laksanakan pada saat bulan Ramadhan dimana bulan tersebut merupakan bulan yang sangat suci dan sangat di nanti-nantikan bagi seluruh umat muslim di dunia ini , maka dari itu bakti sosial ini kita namai dengan bakti sosial Ramadhan dan bertemakan yang ada unsur Ramadhan pula. Pada intinya kita berbagi kebahagiaan dan juga Rizki di masa pandemi saat bulan ramadhan untuk saudara kita yang terdampak di Jogja dan untuk berbagi kepada saudara kita di panti asuhan Khodijah sinar melati Sleman.” Tutur Laras Meila Kartika Sari selaku ketua pelaksana kegiatan bakti sosial

Adapun tanggapan dari pihak kampus Universitas Sarjana Wiyata Tamansiswa yang diwakilkan oleh Ardian Arief M.Pd selaku dosen serta pengisi materi pada kegiatan bakti sosial yang di laksanakan IMPS PGSD pada tahun 2022.

“Sebuah usaha dari teman-teman IMPS yang sangat baik di kondisi seperti ini. Menginspirasi dan semoga bembawa kebaikan baik bagi teman-teman  mahasiswa maupun anak-anak di panti” ujar Ardian Arief M.Pd. (RedG/*)

Komentar

Tinggalkan Komentar

News Feed