oleh

Hutan Juru Seberang akan Jadi Destinasi Unggulan Baru di Belitung

Belitung – Kawasan Hutan Kemasyarakatan (HKm) Juru Seberang, diusulkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Baparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno untuk diintegrasikan dengan Bukit Peramun. Sandiaga Uno berharap, Kawasan hutan itu bisa menjadi destinasi unggulan baru di Kabupaten Belitung.

Seperti diketahui, kawasan HKm Juru Seberang merupakan kawasan bekas tambang timah lepas pantai yang memiliki pemandangan pesisir yang indah, serta geowisata menyusur taman wisata mangrove.

“Saya telah meninjau hutan kemasyarakatan. Saya ingin agar hutan kemasyarakatan ini langsung bisa terintegrasi dengan Bukit Peramun. Nantinya, lokasi ini akan dijadikan sebagai destinasi unggulan di Kabupaten Belitung dan akan dikembangkan sebagai roadmap untuk masterplan provinsi Kepulauan Bangka Belitung,” ujar Menparekraf Sandiaga kepada infopublik.id, setelah melakukan peninjauan di kawasan HKm Juru Seberang, Jumat (5/2/2021).

Untuk mengembangkan obyek wisata, pengembangan kawasan tersebut akan bekerja sama dengan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenkomarves) dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), serta Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Dalam soal implementasi KHm untuk destinasi wisata, berdasarkan hasil penilaian Indeks Perhutanan Sosial oleh tim Katadata Insight Center (KIC) pada 2020, Kepulauan Bangka Belitung menjadi provinsi terbaik. Karena itu, pengembangan kawasan HKm terintegrasi dengan Bukit Peramun ini perlu dilakukan, agar dapat meningkatkan daya tarik wisata.

Selain itu, kawasan HKm Juru Seberang juga fokus pada pembibitan udang, kepiting, dan kerapu. Terdapat dua kolam pembibitan dengan ukuran 40 x 50 cm. Kolam pertama membibitkan 200.000 ekor udang dan 5.000 ekor kepiting. Sedangkan, kolam kedua memelihara 5.000 ekor bandeng dan 1.500 ekor kerapu. Ada pula dermaga beserta yacht atau kapal mewah yang dapat dikembangkan sebagai wisata bahari di kawasan Hkm.

Baca Juga  Bupati Bateng: Tambak Udang Rakyat untuk Tempat Belajar Rakyat

“Pada intinya ini adalah kesiapan kita untuk memastikan destinasi-destinasi wisata yang berbasis kearifan lokal, berbasis kelestariaan alam, dan juga ini adalah hutan sosial yang kita rancang sebagai bentuk partisipasi masyarakat untuk memastikan sustainability atau keberlanjutan,” kata Menparekraf.

Sementara itu Gubernur Bangka Belitung, Erzaldi Rosman Djohan, dalam kesempatan yang sama mengatakan, pihaknya akan langsung menindaklanjuti pengembangan kawasan HKm terintegrasi dengan Bukit Peramun.

Integrasi kedua lokasi ini, rencananya akan dijadikan sebagai salah satu titik destinasi pariwisata yang lebih baik lagi.

Menurut Erzaldi, sesuai yang dilakukan oleh Menparekraf untuk kerja cepat dan kerja tepat, pihaknya akan langsung melakukan rapat konsolidasi lanjutan pada Senin dan Selasa pekan depan. “Untuk memantapkan masterplan pembangunan dari Kawasan HKm Juru Seberang dengan Bukit Peramun. Rencana ini akan dilakukan secara bertahap pada 2021 – 2023. Kami berharap hal ini bisa segera terealisasikan,” pungkas Erzaldi. (RedG/Riz)

Komentar

Tinggalkan Komentar