oleh

Hari Kesaktian Pancasila Mantapkan Nilai Luhur Pancasila

Pati – Dalam rangka memperingati Hari Kesaktian Pancasila yang jatuh pada tanggal 1 Oktober 2018, Kodim 0718/Pati menyelenggarakan Upacara, di halaman Makodim yang di ikuti seluruh personil Kodim Pati dan Jajarannya, senin (01/10/2018).

 

“Pancasila sakti bukan karena dia hebat mandraguna melainkan komitmen setiap anak bangsa dengan sadar menjaganya dalam menjadi kehidupan berbangsa dan bernegara”.

Hari Kesaktian Pancasila adalah peringatan atas upaya kelompok pasukan simpatisan PKI melakukan pemberontakan pada tanggal 30 September 1965 yang lebih dikenal dengan G30SPKI. Sehari setelah itu operasi penumpasannya dimulai TNI dengan melakukan penyergapan dan evakuasi mayat tujuh orang perwira tinggi TNI-AD yang menjadi korban dan jasadnya di tanam di lubang buaya.
Untuk mengenang tragedi dari sejarah Indonesia tersebut maka setiap tanggal 1 Oktober diadakan upacara peringatan. Kodim 0718/Pati menggelar upacara peringatan hari Kesaktian Pancasila di halaman Makodim 0718/Pati tepat pukul 07.00 WIB, diikuti seluruh prajurit & PNS Kodim 0718/Pati.

Bertindak sebagai Irup Danramil 15/Batangan Kapten Inf Mujimo, Perwira Upacara Kapten CBA Indro Wharman (Pasi Pers Kodim 0718/Pati) dan Komandan Upacara Kapten Inf Sriyanto (Danramil 12/Margorejo) pada hari Senin tanggal 1 Oktober 2018. Berbeda dengan upacara lainnya, upacara hari Kesaktian Pancasila dibuka dengan lagu hymne mengheningkan cipta, lalu pembacaan naskah Pembukaan UUD tahun 1945, dilanjutkan pembacaan ikrar mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila dan pembacaan doa. Upacara berjalan dengan tertib, hikmat dan lancar.(RedG kontributor narto)

Komentar

Tinggalkan Komentar