Pemalang – Polres Pemalang menggelar upacara untuk memperingati Hari Bela Negara tahun 2018 di halaman Mapolres Pemalang, rabu (19/12).
Upacara peringatan Hari Bela Negara yang mengusung tema, Ayo! #BelaIndonesia Indonesia Rumah Kita, diikuti oleh seluruh PJU, Kapolsek Jajaran, Perwira staf, Bintara dan PNS Polres Pemalang.
Kapolres Pemalang AKBP Nona Pricillia Ohei S.I.K., S.H., M.H. yang bertindak selaku Inspektur Upacara membacakan amanat Presiden RI Ir H. Joko Widodo.
Dalam amanatnya, Jokowi menyampaikan bahwa Bela Negara memiliki konteks yang sangat luas, tidak hanya dilakukan dengan kekuatan fisik dan senjata semata namun harus dilakukan melalui beragam upaya dan profesi dari segenap aparatur negara baik sipil maupun militer.
“Bela Negara adalah wadah peran dan kontribusi segenap komponen masyarakat, dunia usaha, dunia pendidikan, media hingga tokoh pemuda dan tokoh agama wajib ikut serta sesuai dengan bidang profesi” ujarnya.
Telah diterbitkan Inpres No. 7 tahun 2018 tentang Rencana Aksi Nasional Bela Negara tahun 2018-2019 yang mewujudkan Bela Negara sebagai Hak Asasi Manusia Bangsa Indonesia sesuai pasal 68 UU No.39 tahun 1999.
“Dalam Konteks sosial, kemampuan generasi milenial mengantisipasi kecepatan perubahan dunia tidak boleh terlepas dari potensi budaya, kearifan lokal dan nilai-nilai luhur bangsa, kesadaran Bela Negara harus ditanamkan dalam jiwa dan raga segenap bangsa Indonesia sejak dini melalui kewajiban mengikuti pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, serta Aksi Nasional Bela Negara di berbagai bidang” imbuhnya.
Jokowi menjelaskan bahwa tugas Bela Negara bukan tugas yang ringan, melalui sinergi antar segenap elemen bangsa Indonesia kita semua mampu membawa Indonesia menjadi Negara yang Berdaulat, Mandiri, Adil dan Makmur serta Berkepribadian dalam kebudayaan.(RedG kontributor Lies).

Tinggalkan Komentar