oleh

Hari Air Sedunia,Camat Belik Ajak Masyarakat Jaga Kelestarian Lingkungan dan Sumber Daya Air

Pemalang-Bertepatan tanggal 22 maret 2024 Hari Air Sedunia dilaksanakan setiap tahun, mekanisme koordinasi PBB di bidang air dan sanitasi (UN Water) menetapkan tema Hari Air Sedunia. Untuk tahun ini, tema Hari Air Sedunia 2024 adalah ‘Water for Peace’ atau ‘Memanfaatkan Air untuk Perdamaian’.

Berikut tiga pesan utama Hari Air Sedunia 2024.
1. Air dapat menjadi alat perdamaian ketika masyarakat dan negara bekerja sama dalam memanfaatkan sumber daya bersama yang berharga ini.
2. Air juga dapat memicu dan memperparah konflik ketika akses tidak diberikan dan penggunaan dibagi secara tidak adil.
3. Air dapat membawa kita keluar dari krisis. Kita dapat memupuk keharmonisan antara masyarakat dan negara dengan bersatu dalam penggunaan air yang adil dan berkelanjutan – mulai dari konvensi PBB di tingkat internasional, hingga tindakan di tingkat lokal.

Air memang menjadi elemen penting dalam kehidupan semua makluk di bumi. Perayaan Hari Air Sedunia adalah pengingat bagi kita semua untuk bertanggung jawab menjaga sumber daya air kita.

Camat Belik Muchammad Maksum S.IP mengajak masyarakat untuk bersama-sama menjaga kelestarian lingkungan dan kelestarian sumber daya air, dengan cara membuang sampah pada tempatnya, menanam pohon, dan bijak dalam menggunakan air.

Dengan menjaga lingkungan dan kelestarian sumber daya air merupakan sebuah doa ikhtiar batin kita untuk menyelesaikan masalah air yang ada di Wilayah Kecamatan Belik terutama di Desa Belik dan Gombong di saat musim kemarau, ungkap Camat Belik.

Eka Shabawana pegiat lestari alam menyampaikan panjang umur semua hal yang baik untuk rehabilitasi mata air, menjaga dan merawat. Belik kembali menjadi belik sebagai sumber mata air seperti namanya.

Baca Juga  Hamid Noor Yasin : Menjelang Pilkada Masyarakat Harus Tetap Bersatu Padu

Ditempat yang sama Untung Warga Belik berharap saat musim kemarau ada air, paling tidak dengan menambah sumber mata air yang baru. Selain itu menjaga dan merawat alam yang sudah ada. Semoga ada solusi ketika musim kemarau.

Soekir warga Desa Gombong juga mengungkapkan terimakasih Camat Belik yang sudah peduli menjaga lingkungan dengan menanam pohon yang dilaksanakan beberapa bulan lalu di Embung Tembok Desa Gombong.

Harapannya sumber mata air di Wilayah Desa Gombong ada banyak, karena selama ini air yang mengalir mengambil dari tetangga sebelah sumber mata air Desa Pratin Kabupan Purbalingga, ungkap Soekir. (red)

Komentar

Tinggalkan Komentar