oleh

Hamid Noor Yasin Gelar Sosialisasi Empat Pilar MPR RI, Ingatkan Rasa Nasionalisme Guna Hadapi Pandemi COVID19

Wonogiri-Anggota MPR RI dari Fraksi PKS Drs. H. Hamid Noor Yasin, M.M mengadakan sosialisasi Empat Pilar MPR RI. Kegiatan tersebut dilaksanakan di komplek rumah Aspirasi Bulusulur, Desa Bulusulur, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri, Provinsi Jawa Tengah, Sabtu 20 Juni 2020 pukul 12. 30 sampai dengan 15.00 WIB. Protokol kesehatan diterapkan dalam kegiatan tersebut seperti pengecekan suhu tubuh dengan thermogun, mencuci tangan dengan handsanitiser dan menerapkan physical distancing.

Hamid mengatakan Pandemi COVID19 yang tengah melanda seluruh negara dunia khususnya di wilayah tanah air saat ini dan munculnya kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang digulirkan pemerintah sedikit banyak berpengaruh pada seluruh sektor utamanya bidang kesehatan dan ekonomi.

Hamid mengungkapkan menjaga kesehatan bagi semua warga negara adalah mutlak dan utama tetapi tidak melupakan aspek ekonomi.

“Warga negara yang memang bergantung pada ekonomi riil, mayoritas masih menjadi tulang punggung ekonomi menengah ke bawah, sehingga beban yang dialami masyarakat tidak semakin bertambah dengan adanya pandemi COVID19 yang tidak hanya berdampak pada kesehatan yang menuntut semua warga masyarakat harus menjaga daya tahan dan kesehatannya tetapi juga aspek kehidupan ekonominya,” bebernya.

Menghadapi situasi tersebut, Hamid mengingatkan kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga kokohnya empat pilar bangsa, yaitu Pancasila, NKRI, UUD 1945, dan Bhinneka Tunggal Ika.

Hamid menegaskan agar semua komponen bangsa dapat selalu saling menjaga dan bahu membahu dalam semua aspek kehidupan utamanya dalam menghadapi Pandemi COVID19 ini.

Menurutnya, empat pilar memang bukan “vaksin” untuk mengobati COVID-19. Namun dengan semangat dan kesadaran nasionalisme dan empat pilar itu, persatuan masyarakat dan ketertiban sosial akan tetap terjaga di tengah Pandemi COVID 19 dimana hal ini akan sangat berdampak positif pada kehidupan berbangsa dan bernegara.

Baca Juga  Hamid Noor Yasin Pertanyakan Kecukupan Anggaran Kementan dalam Menghadapi Musim Kemarau

Anggota Komisi IV DPR RI tersebut menjelaskan, di tengah situasi saat ini, sangat penting untuk memperkuat kembali rasa dan semangat nasionalisme kebangsaan.

Melalui sosialisasi empat pilar tersebut, Hamid berharap terus terjadi penguatan rasa kebangsaan di tengah masyarakat dan meningkatnya empati terhadap kondisi sesama dan memperkokoh persatuan dan kesatuan masyarakat.

“Krisis dapat menimbulkan ketidakstabilan sosial akibat frustasi dan putus asa. Karena itu sikap saling menjaga, menasehati, menguatkan, tolong menolong dan kebersamaan sosial harus terus dijaga dalam situasi apapun. Bukan hanya rakyat kecil yang harus menyadari empat pilar ini. Para penyelenggara negara sebagai pengambil kebijakan juga harus berpegang teguh pada empat pilar. Agar setiap kebijakan yang diputuskan tidak makin membebani masyarakat di tengah situasi sulit ini,” tegasnya.(red)

Komentar

Tinggalkan Komentar

News Feed