Foto : --- Halal bi Halal di SMK Texmaco (RN).

Pemalang  – Ratusan warga dari Keluarga Besar SMK Texmaco Pemalang, menghadiri acara Halal Bi Halal yang digelar di Aula Sekolah, Jalan Pemuda 36 A, Senin (09/07). Hadirin mengikuti hingga acara rampung sekitar pukul 11.30.

Selain pengurus Yayasan, hadir Kepala Sekolah, para guru dan segenap tenaga kependidikan, anggorta Komite Sekolah dan sejumlah undangan. Dalam acara yang diselenggarakan secara lesehan itu tampil sebagai pembicara dengan gayanya yang khas, Ustadz Muhajir, dari Pemalang.

Menurut Ustadz Muhajir, acara Halal bi Halal merupakan suatu kegiatan yang berakar dari tradisi di Indonesia. Hal itu dimungkinkan karena tidak ditemukan di negara seperti Arab, Mesir dan negara lainnya.

“Jadi halal bi halal itu merupakan tradisi di negeri kita, di Mesir maupun di Arab tidak ada acara tersebut,” ungkapnya dengan nada meyakinkan.

Di Inonesia sudah mentradisi dan dilestarikan dengan penyelenggaraan setiap Bulan Syawal. Hal itu sebagai ungkapan rasa syukur kita telah melaksanakan perintah dan menjalani pendidikan yang luar biasa selama bulan Ramadhan.

“Nah, pada bulan Syawal ini kita melakukan introspeksi diri masing-masing,” jelas Ustadz Muhajirseraya menambahkan bahwa selama Ramadhan kita mendapatkan pembelajaran kejujuran.

Lebih jauh Ustadz Muhajir mengajak kita untuk tidak berburuk sangka suudzon. Suka mengorek kesalahan orang lain ibarat pepatah ‘kuman di seberang lautan tampak gajah di peluluk mata tidak tampak’.

“Soal rejeki itu hak prerogatif Allah, kalau alumni SMK Texmaco gajinya lebih besar dari para gurunya itu sudah rejekinya,” pungkasnya.

Kepala SMK Texmaco Pemalang, Marzuki, ST, mengajak keluarga besar tetap menjalin silaturahmi. Dengan penyelenggaraan acara halal bi halal diharapkan bisa menjadi wahana untuk saling maaf memaafkan.(RedG Ruslan)

 

Tinggalkan Komentar